Sukses


Bek Borneo FC Rintis Usaha Budidaya Ikan Cupang di Jambi

Bola.com, Jambi - Pada saat kompetisi terhenti, para pesepak bola profesional dituntut untuk mencari penghasilan lain, agar finansial keluarga tetap aman. Seperti yang dilakukan pemain belakang Borneo FC, Andika Kurniawan.

Memiliki waktu senggang yang banyak setelah tidak ada aktivitas bersama klubnya, pemain berusia 25 tahun itu mencoba peruntungan dengan membudidayakan ikan cupang.

Ikan cupang yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Betta sp adalah jenis ikan tawar yang hidup di Asia Tenggara. Memiliki warna yang sangat unik serta agresif membuat kolektor ikan hias kerap memburu ikan cupang ke berbagai tempat.

Ramainnya orang yang selalu mencari ikan cupang khususnya di Jambi, membuat Andika Kurniawan tergugah membudidayakannya. Sudah hampir tiga bulan, pemain yang pernah membela Persiraja ini menekuni usaha barunya itu.

Andika Kurniawan harus pulang ke kampung halamannya setelah Shopee Liga 1 2020 dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu, akibat dampak dari merebaknya virus corona.

"Saya sudah dua bulan lebih membudidayakan ikan cupang, sekaligus jual beli," ujar Andika kepada Bola.com, Selasa (21/7/2020).

"Ada dua jenis ikan cupang yang saya jual yaitu jenis Plakat dan Halfmoon, karena dua jenis ini yang sering dicari orang. Saya, buka usaha jual beli ikan cupang di rumah saya kota Jambi," lanjut bek Borneo FC itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ratusan Ribu Rupiah

Andika menambahkan, harga ikan cupang yang dibudidayakannya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Hingga saat ini, sudah puluhan ikan cupang yang dibudiyakan sambil menunggu pembelinya.

Masyarakat Jambi, kata Andika sangat antusias sekali dalam mengoleksi ikan cupang. Sehingga usaha budidaya ikan cupang kedepannya bisa dikatakan menjanjikan, meski untuk saat ini Andika harus berjuang meyakinkan pembeli.

"Kalau omset perminggu atau perbulan sih belum bisa dipastikan karena saya sendiri masih bisa dibilang pemula untuk usaha ikan cupang ini. Tetapi, kalau bisa menghasilkan untuk tabungan kedepannya, iya pasti bisa, karena saat ini ikan cupang lagi digemari lagi," ujarnya

"Ada ikan cupang buat kontes dan ada juga buat sekedar hiasan aquascape. Untuk di Jambi sendiri saat ini kembali ramai yang mencari ikan cupang. Semoga saja usaha ikan cupang ini kedepannya lebih lancar seperti karier sepak bola saya," Andika Kurniawan mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer