Shin Tae-yong Tak Akan Dikarantina Selama 14 Hari saat Tiba di Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Jul 2020, 22:25 WIB
Diperbarui 22 Jul 2020, 22:25 WIB
Shin Tae-yong, Timnas Indonesia
Manajer sekaligus pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Rabu (22/7/2020) malam WIB. Saat tiba di Indonesia, pelatih asal Korea Selatan itu mendapatkan jaminan tidak perlu mengikuti prosedur karantina selama 14 hari.

Jaminan tak wajib karantina untuk Shin Tae-yong dan asistennya itu diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Padahal, hal itu bertolak belakang dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Repulik Indonesia.

Dalam aturan tersebut tertuang adanya keharusan melakukan karantina selama 14 hari saat tiba di Indonesia. Namun, Sekretaris Menpora, Gatot S Dewa Broto, menyebut hal itu tidak diperlukan Shin Tae-yong dan staf kepelatihannya.

"Karantina 14 hari itu tidak wajib diikuti Shin Tae-yong. Hanya diperlukan surat pernyataan sehat. Proses karantina hanya dilakukan kalau ditemukan indikasi," kata Gatot Dewa Broto di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

"Seandainya reaktif, baru dikarantina selama 14 hari. Kalau hasilnya negatif, bisa langsung ke lapangan," tegas Gatot.

Mengacu pada Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020, Shin Tae-yong dan asistennya masuk dalam kategori pengecualian orang asing yang memasuki wilayah Republik Indonesia. Hal itu dilakukan karena Shin Tae-yong dkk merupakan orang asing yang bekerja pada proyek strategis nasional.

Shin Tae-yong kembali ke Indonesia setelah tiga bulan pulang kampung ke Korea Selatan. Shin Tae-yong bakal memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia senior dan U-19 yang digelar pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2020.

2 dari 3 halaman

Bakal Swab Test

Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong, jajaran tim kepelatihan, dan para pemain Timnas Indonesia bakal mengikuti tes kesehatan sebelum melakukan pemusatan latihan. Rencananya, swab test bakal dilakukan pada Jumat (24/7/2020).

Langkah itu dilakukan agar semua pihak yang terlibat dalam pemusatan latihan dalam keadaan sehat dan terbebas dari COVID-19. Setelah itu, sesi latihan perdana akan dimulai pada Sabtu (25/7/2020).

Pemusatan latihan ini dilakukan sebagai bentuk persiapan untuk Timnas Indonesia senior dan U-19. Timnas Indonesia senior bakal tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF, sedangkan U-19 akan bertarung di Piala AFF serta Piala Dunia U-20 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓