Sukses


5 Palang Pintu Tangguh Pilihan Shin Tae-yong pada Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Kali Ini

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong mengumpulkan 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Lima di antaranya merupakan bek tengah.

Shin Tae-yong tentu saja punya alasan memanggil bek tengah dalam jumlah banyak mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Selama ini, lini belakang Timnas Indonesia terlalu mudah ditembus.

Hal itu dibuktikan dalam lima laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia tercatat kebobolan 16 gol.

Namun, dari semua bek tengah yang dipanggil ada beberapa nama baru. Uniknya, Shin Tae-yong tak memanggil Hansamu Yama yang selama ini langganan mengisi posisi inti dan sempat menjadi kapten Timnas Indonesia pada 2018.

Sejumlah pemain belakang yang dipanggil memiliki kesamaan. Mereka memiliki postur tubuh tinggi dan karakteristik berani berduel dalam bola-bola udara.

Lantas, siapa saja bek tengah yang mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong kali ini? Berikut lima palang pintu yang dipercaya mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Arif Satria

Arif Satria menjadi wajah baru dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini. Bek Persebaya Surabaya itu tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pemusatan latihan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Pemanggilan ini diyakini karena Shin Tae-yong terkesan dengan penampilan Arif Satria dalam laga pembuka Shopee Liga 1 2020. Ketika itu, Arif Satria berjibaku di lini belakang Persebaya untuk menghalau serangan Persik Kediri.

Itu menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Arif Satria bersama Persebaya sejauh ini. Meski demikian, penampilannya cukup mampu meyakinkan Shin Tae-yong untuk memanggil Arif Satria ke pemusatan latihan.

"Senang, tapi juga kaget mendapatkan kabar pemanggilan untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia karena ini yang pertama. Targetnya adalah semoga bisa maksimal dan saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia," tegas Arif Satria.

3 dari 6 halaman

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo menjadi pemain kejutan yang dipanggil Shin Tae-yong ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Ini menjadi yang pertama buat Ryuji setelah memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017.

Pemanggilan Ryuji dilakukan tidak terlepas dari penampilan apiknya bersama Persija Jakarta. Ryuji dikenal sebagai bek tangguh dan juga pemain multifungsi.

Tak hanya sebagai bek tengah, Ryuji juga sarat pengalaman dan bisa bermain di posisi gelandang bertahan. Ryuji bertekad menjawab kepercayaan Shin Tae-yong dengan penampilan maksimal dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia.

"Saya selalu percaya kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Mungkin ini buktinya dan saya berambisi membalas kepercayaan dengan memberikan kemampuan terbaik," tegas pemain berusia 25 tahun itu.

4 dari 6 halaman

Andy Setyo

Andy Seyto merupakan bek tengah berpengalaman yang sudah lama dipercaya memperkuat Timnas Indonesia. Pada SEA Games 2019, Andy Setyo dipercaya menghuni posisi bek tengah dan mampu mengantarkan Timnas Indonesia U-22 sampai final.

Memiliki postur tubuh yang tinggi membuat Andy Setyo menjadi mimpi buruk lawan. Pemain berusia 22 tahun itu dikenal andal dalam mengalau bola-bola udara.

Meskipun berpostur tubuh tinggi, namun hal itu tak membuat Andy Setyo kehilangan kelincahannya. Pemain Tira Persikabo tersebut siap menunjukkan penampilan terbaik dalam pemusatan latihan.

"Ini akan menjadi pengalaman baru saya karena kan sebelumnya saya bermain di Timnas U-22," kata Andy Setyo.

5 dari 6 halaman

Rachmat Irianto

Serupa dengan Andy Setyo, Rachmat Irianto juga dikenal sebagai bek tangguh. Bersama Timnas Indonesia U-22, pemain berusia 21 tahun itu bermain di posisi gelandang bertahan.

Namun, posisi aslinya adalah bek tengah. Bermain multifungsi tentu saja menjadi keuntungan buat pemain yang akrab disapa Rian ini.

Ini menjadi pengalaman baru buat Rian bersama tim senior. Rian diprediksi bakal menjadi bek tangguh masa depan Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanto merupakan bek tengah berpengalaman. Pemain berusia 31 tahun itu sudah langganan memperkuat Timnas Indonesia.

Sejak memulai debut pada 2012, Fachruddin Aryanto sudah mencatatkan 35 pertandingan bersama Tim Garuda. Memiliki postur 180 cm membuat Fachruddin disegani lawan dalam menghalau bola-bola udara.

Selain itu, Fachruddin juga dikenal memiliki kemampuan bagus dalam duel fisik. Dengan pengalaman dan kualitas yang dimilikinya, tak aneh bila pelatih Shin Tae-yong memanggilnya ke pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer