Sukses


Cerita Joko Ribowo, Mengidolakan Kiper Legendaris PSIS dan Inter Milan

Bola.com, Semarang - Pemain besar yang disebut sebagai legenda sebuah klub memang kerap menjadi panutan atau sosok yang diidolakan. Begitupun yang dirasakan oleh kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo.

Joko Ribowo memang begitu mengidolakan sosok I Komang Putra, seorang kiper legendaris bagi tim berjulukan Mahesa Jenar. Ia pernah membawa PSIS Semarang menjadi juara Liga Indonesia 1999.

Kini Joko Ribowo merupakan kiper utama PSIS, bersanding dengan Jandia Eka Putra, dan dilatih langsung oleh I Komang Putra yang menjadi pelatih kiper PSIS.

Kedatangan ke tim pujaan Panser Biru dan Snex itu hampir bersamaan, yakni pada saat PSIS mengarungi musim pertamanya di Liga 1 2018. Joko Ribowo didatangkan dari Arema, sedangkan I Komang Putra datang setelah kerjasa ma dengan Persis Solo berakhir.

Kepada Bola.com, Joko Ribowo blak-blakan menceritakan sosok IKP, singkatan yang melekat untuk I Komang Putra, yang sangat diidolakannya. Selain bekerja sama di satu tim saat ini, keduanya juga pernah sama-sama menjadi kiper dalam satu tim beberapa tahun lalu.

"Jujur saja, idola saya adalah I Komang Putra, saat masih SMA sering nonton aksinya di PSIS. Kemudian pernah satu tim dan banyak belajar dari beliau di Persema Malang," terang Joko Ribowo, Minggu (26/7/2020).

"Karena jiwa kepemimpinannya sebagai seorang penjaga gawang yang sangat bagus. Kalau berbicara kemampuannya tidak perlu diragukan lagi," lanjut kiper PSIS Semarang itu tentang pendahulunya.

Video

2 dari 2 halaman

Idolakan Eks Kiper Inter Milan Asal Brasil

Tidak hanya kiper dalam negeri saja yang diidolakan Joko Ribowo. Nama penjaga gawang legendaris Inter Milan yang berasal dari Brasil juga menjadi idolanya, yakni Julio Cesar.

Nama Julio Cesar masuk daftar kiper favoritnya karena Joko Ribowo dikenal juga adalah seorang Interisti atau pendukung fanatik klub Serie A tersebut. Julio Cesar juga mengenyam berbagai kesusksesan bersama Inter, termasuk treble yang pernah diraih Nerazzurri pada 2010.

"Untuk kiper dari luar negeri saya mengidolakan Julio Cesar. Kebetulan dia pernah main di Inter Milan dan itu tim favorit saya. Performanya bersama Inter dan Timnas di Brasil sama bagusnya," tukas kiper PSIS Semarang itu.

Video Populer

Foto Populer