Bak Hilang Ditelan Bumi, Cucu Somantri Masih Jadi Wakil Ketua PSSI? Ini Kata Iwan Bule

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 29 Jul 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 21:09 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dan Waketum PSSI, Iwan Budianto dan Cucu Somantri, foto bersama usai KLB PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu (2/11/2019). Iwan akan memimpin PSSI selama empat tahun, dari 2019 hingga 2023. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Ke mana gerangan Cucu Somantri? Usai dilengserkan dari posisinya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) per 19 Mei 2020, Wakil Ketua PSSI itu bak hilang ditelan bumi.

Cucu Somantri tidak pernah lagi tampil di depan publik. Padahal, PSSI tengah sibuk belakangan ini. Selain mempersiapkan kelanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2, organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan itu juga terus mematangkan rencana penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

"Tanya ke Pak Cucu saja (tertawa)," kata Iriawan terkait mengenai ketidakmunculan Cucu belakangan ini.

Hanya saja, Iriawan memastikan, Cucu masih mendampinginya dalam menggerakkan roda organisasi PSSI. "Beliau masih menjabat Wakil Ketua PSSI," tutur Iriawan.

Sebelum mundur dari Dirut PT LIB, Cucu masih aktif mewakili PSSI dalam beberapa kunjungan. Pria berusia 58 tahun ini intens memberikan keterangan kepada media. Namun, Cucu membuat blunder.

Ketika Ratu Tisha Destria meletakkan jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI pada April 2020, Cucu memastikan bahwa penggantinya adalah Maaike Ira Puspita yang notabene merupakan adik ipar Iriawan.

Usai melontarkan pernyataan tersebut, Cucu Somantri ditegur oleh PSSI. Melalui dua anggota Komite Eksekutif (Exco), Yunus Nusi yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI dan Haruna Soemitro, pensiunan Mayjen TNI ini dianggap asal bicara.

2 dari 3 halaman

Sempat Dihajar Kabar Nepotisme

Launching Liga 1 2020
Dirut PT LIB, Cucu Somantri, saat launching Kompetisi Shopee Liga 1 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin, (24/2/2020). Sebanyak 18 klub akan memeriahkan Liga 1 yang akan berlangsung pada 29 Februari hingga 1 November 2020. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Serangan terhadap Cucu tidak berhenti sampai di situ. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1984 ini kembali dihajar mengenai pemberitaan praktik nepotisme ketika masih menjadi Dirut PT LIB.

Cucu memasukkan putranya, Pradana Aditya Wicaksana sebagai calon General Manager PT LIB. Namun, rencana itu tidak terwujud karena PT LIB keburu menggelar rapat umum pemegang saham (rups) luar biasa yang berujung pengunduran diri Cucu.

Peran Cucu Somantri di PT LIB diteruskan oleh Akmhad Hadian Lukita. Sejak saat itulah, mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini tidak lagi menunjukkan batang hidungnya.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia