Manuver Iwan Bule Rangkap Jabatan sebagai Manajer Timnas Indonesia U-19 Dianggap Lelucon

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 29 Jul 2020, 15:21 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 15:21 WIB
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, inspeksi ke SUGBK
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat melakukan inspeksi ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/3/2020). Inspeksi tersebut untuk mengecek kesiapan SUGBK menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Bola.com, Jakarta - Keputusan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan yang akan merangkap jabatan sebagai manajer Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 memantik kritikan. Manuver dari pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini dianggap salah kaprah.

"Saya agak bingung menyebut istilahnya. Apakah sejarah baru, rekor baru, terobosan baru atau mungkin ada istilah baru yang lebih pas," celoteh pemerhati sepak bola Indonesia, Tommy Welly, di channel YouTube miliknya.

Pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senin (27/7/2020), terkait pendanaan dan fasilitas latihan untuk Timnas Indonesia U-19, Iwan Bule berujar akan mengambil alih sementara posisi manajer timnas U-19.

"Ini sangat menggelitik. Karena menurut saya, dalam sejarah pesepak bolaan Indonesia, ini baru pertama kalinya terjadi. Ketua PSSI merangkat jabatan sebagai manajer timnas," tutur Towel, karib Tommy Welly disapa.

"Untuk PSSI, ini mungkin pertama kalinya menurut saya. Ketua PSSI merangkap jabatan sebagai manajer timnas. Nurdin Halid dulu pernah. Namun, sebelum dia menjadi Ketua PSSI," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Makin Membingungkan

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengunjungi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (16/7/2020).
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengunjungi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (16/7/2020). (PSSI).

Towel merasa tidak etis rasanya jika Iwan Bule, yang berstatus sebagai Ketua PSSI, juga mengambil alih posisi manajer Timnas Indonesia U-19.

Akan menjadi membingungkan nantinya apabila manajer Timnas Indonesia U-19 yaitu Iwan Bule, bertanggung jawab atas prestasi timnya kepada Ketua PSSI yang juga merupakan orang yang sama.

"Koridornya bukan soal melanggar atau tidak melanggar, benar atau salah. Bukan itu. Saya merasa koridornya soal kelaziman. Ini jadi ambigu. Bayangkan, Komite Eksekutif itu merumuskan kebijakan sepak bola," terang Towel.

"Ini tidak lazim presiden federasi sebagai manajer timnas. Melakukan tugas sebagai manajer sekaligus menagwasi. Nah, kalau seperti ini bayangkan, manajer timnas timnas melaporkan pertanggungjawabkan performa Timnas U-20 ke ke Ketua PSSI. Membingungkan tidak? Melaksanakan sekaligus mengawasi."

"Makanya. Mungkin ini sederhana. Tetapi ini tidak lazim. Makanya saya bilang tadi, apa istilah yang tepat, saya bingung. Piala Dunia U-20 2021 betul sangat menggoda, sangat seksi," ucapnya mengakhiri.

 

Sumber: YouTube GOCEK BUNGTOWEL

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia