Sukses


PSSI Tolak Piala AFF 2020 Digelar Awal 2021: Bentrok Persiapan Piala Dunia U-20 dan Ramadan

Bola.com, Jakarta - PSSI merespons kemungkinan Piala AFF 2020 tidak dapat digelar pada akhir tahun ini akibat pandemi virus corona. Sempat ada rencana untuk memundurkan periode turnamen tersebut ke awal 2021, namun induk sepak bola Indonesia ini keberatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengatakan, PSSI punya banyak pertimbangan untuk menolak Piala AFF 2020 digelar pada Februari atau Maret 2021.

Pertama, PSSI tengah sibuk-sibuknya mempersiapkan Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada Mei 2021. Kedua, turnamen tersebut berpotensi berdekatan dengan bulan ramadan yang jatuh pada April-Mei 2021.

"Ketika ditanyakan kepada kami, bagaimana sikap PSSI. Kami sampaikan. Pertama, kami dalam rangka persiapan Piala Dunia U-20 dan kedua, berdekatan dengan bulan ramadan," kata Yunus Nusi.

Sebelumnya, AFF telah menggelar rapat pada Senin (27/7/2020) untuk membahas nasib penyelenggaraan Piala AFF 2020 di tahun ini. Namun, diskusi tersebut masih belum membuahkan hasil.

"Sehingga, saat rapat AFF kemarin tidak diputuskan kepastiannya. AFF juga masih akan terus rapat dengan mencari waktu yang pas," imbuh Yunus Nusi.

Video

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Batal Digelar Tahun Ini

Yunus Nusi mengatakan, Piala AFF 2020 kemungkinan besar batal digelar pada akhir tahun ini. PSSI, lanjutnya, masih belum bisa memberikan masukan karena AFF masih berkomunikasi dengan negara Asia Tenggara yang lain.

"Piala AFF untuk tahun ini dibatalkan. Kapan kepastian digelar, masih belum tahu. Pada 30 Juni 2020, akan diadakan rapat kembali," imbuh Yunus Nusi.

"Kami belum bisa berikan opsi. Tergantung ke mereka apakah sebelum Piala Dunia U-20 2021 atau setelahnya, kami serahkan ke AFF. Sebab, mereka masih berbicara dengan negara-negara lain," ucapnya mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer