Reaksi Kocak Netizen Setelah Ketua PSSI Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19: Mochamad Iriawan Lapor ke Iwan Bule?

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 29 Jul 2020, 19:05 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 19:05 WIB
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan dukungan pada Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11/2019). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan).

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menjadi bahan olok-olok warganet di Twitter. Penyebabnya, pria yang dipanggil Iwan Bule tersebut rangkap jabatan sebagai manajer Timnas Indonesia U-19 proyeksi Piala Dunia U-20 2021.

Keputusan ini membuat heboh media sosial. Terutama di Twitter. Warganet bingung dengan manuver Iwan Bule. Mengingat, statusnya adalah pemimpin dari organisasi sepak bola Indonesia saat ini.

Umumnya, seorang manajer Timnas Indonesia akan mempertanggungjawabkan prestasi timnya ke Ketua PSSI. Nah, jika menjadi manajer timnas U-19, kontan Iwan Bule akan melaporkan pencapaian tim ke dirinya?

Reaksi warganet bermacam-macam. Ada yang melontarkan unek-uneknya dengan kalimat satire. Ada pula yang menanggapinya secara bijak.

Ketika topik ini hangat diperbincangkan, Iwan Bule meluruskan perannya sebagai manajer Timnas Indonesia U-19. Menurutnya, tugas ini bersifat tidak permanen untuknya. Pasalnya, pihaknya masih mencari figur yang berkompeten sebelum Piala Dunia U-20 2021 digelar.

"Jadi begini. Sementara belum ada manajer Timnas Indonesia U-19 saat ini. Saya nanti akan ditunjuk sesuai dengan Keputusan Presiden. Namun, Keputusan Presiden belum ditanda tangan," ujar Iwan Bule.

"Keputusan Presiden sedang dibuat konsepnya. Jadi sementara belum ada manajer. Belum ada turunan. Nantinya kalau sudah ada, manajernya harus betul-betul memajukan Timnas Indonesia U-19. Saya belum menemui itu," jelasnya.

Sebelumnya, langkah Iwan Bule ini juga mengherankan Tommy Welly, pemerhati sepak bola Indonesia. Menurut pria yang akrab disapa Bung Towel ini, Ketua PSSI berusia 58 tahun tersebut berpotensi mencetak sejarah baru di dunia si kulit bundar.

"Saya agak bingung menyebut istilahnya. Apakah sejarah baru, rekor baru, terobosan baru atau mungkin ada istilah baru yang lebih pas," tutur Bung Towel di channel YouTube miliknya.

"Ini sangat menggelitik. Karena menurut saya, dalam sejarah pesepak bolaan Indonesia, ini baru pertama kalinya terjadi. Ketua PSSI merangkat jabatan sebagai manajer timnas. Untuk PSSI, ini mungkin pertama kalinya menurut saya. Ketua PSSI merangkap jabatan sebagai manajer timnas. Nurdin Halid dulu pernah. Namun, sebelum dia menjadi Ketua PSSI," imbuh Bung Towel.

2 dari 5 halaman

Satire dari Warganet

3 dari 5 halaman

Warganet Bijak

4 dari 5 halaman

Hmm, Iwan Bule Mau Maju ke Pilkada?

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia