Cegah Pemain Hijrah ke Indonesia, United City FC Bakal Pagari Mantan Bintang Ceres-Negros

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 30 Jul 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 30 Jul 2020, 19:45 WIB
Piala AFC 2019: Persija Jakarta Vs Ceres-Negros
Pemain Ceres-Negros merayakan gol yang dicetak oleh Mike Rigoberto ke gawang Persija Jakarta pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (23/4). Persija takluk 2-3 dari Ceres-Negros. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Bola.com, Manila - United City Football Club berusaha mempertahankan eks pemain Ceres-Negros yang berkualitas. Langkah itu dilakukan untuk mencegah para talenta berbakat tersebut pindah dan berkarier di Indonesia.

Ceres-Negros resmi mengganti nama klub menjadi United City Football Club pada Jumat (24/7/2020). Kepastian itu terjadi setelah diakusisi oleh MMC Sportz Asia.

Ceres-Negros diakusisi dari pemilik sebelumnya, Leon Rey Yanson. Langkah itu diambil setelah Ceres-Negros mengonfirmasi kebangkrutan karena dihantam pandemi virus corona.

Setelah berganti nama, United City Football Club langsung mengikat nama-nama pemain berkualitas yang pernah membela Ceres-Negros. Upaya itu dilakukan agar United City Football Club bisa melanjutkan sukses Ceres-Negros di Philippines Football League (PFL) 2020.

"Kami akan mencoba mempertahankan talenta lokal yang penting dan mendukung pengembangan PFL. Sehingga kami dapat mulai membawa beberapa pemain kembali ke Filipina alih-alih melepas mereka ke liga saingan di Thailand atau Indonesia," kata Co-founder United City Football Club, Eric Gottschalk, seperti dikutip di Facebook resmi klub, Kamis (30/7/2020).

Sejauh ini, United City Football Club telah berhasil mempertahankan mantan kapten Ceres-Negros, Stephan Schrock. Pemain Filipina-Jerman itu diikat sebagi pemain sekaligus asisten pelatih.

"Memiliki Stephan yang berkomitmen untuk bertahan di klub baru ini sangat berarti. Bukan hanya untuk klub, melainkan juga para suporter. Dia adalah kapten dan pemimpin tim. Itulah yang diperlukan terutama bagi kami yang mencoba untuk membangun identitas baru di dalam dan luar lapangan," tegas Eric Gottschalk.

2 dari 3 halaman

Pertahankan Pemain Asing

Bienvenido Maranon, Ceres-Negros, Piala AFC 2019, Persija Jakarta
Striker Ceres-Negros, Bienvenido Maranon, merayakan gol yang diciptakannya ke gawang Persija Jakarta dalam laga Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (23/4/2019). Ceres-Negros menang 3-2 dalam laga ini. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Selain talenta lokal, United City Football Club juga sukses mempertahankan jasa eks pemain asing Ceres-Negros. Mereka yang memilih berkomitmen antara lain Manuel Herrera Lopez alias Super, Robert Lopez Mendy, Takashi Odawara, dan Bienvenido Maranon.

Nama terakhir sering dikaitkan dengan rencana kepindahannya ke Indonesia. Bienvenido Maranon sebelumnya tak menutup peluang untuk berkarier di Shopee Liga 1 2020.

"Saya bersedia untuk pindah dan menunggu tawaran yang menarik untuk melanjutkan karier saya di Asia," kata Maranon pada awal Juli 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓