Batal Tahun Ini, Media Vietnam Sebut Piala AFF 2020 Berpotensi Digelar pada April 2021

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 30 Jul 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 30 Jul 2020, 19:15 WIB
AFF Logo
AFF Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Media Vietnam, Tuo Itre mengabarkan bahwa Piala AFF 2020 kemungkinan akan berlangsung pada April 2021. Sebelumnya, turnamen dua tahunan tersebut dipastikan batal terlaksana tahun ini.

Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) melalui Komite Manajemen Darurat AFF kembali menggelar pertemuan virtual untuk membahas nasib Piala AFF pada Kamis (30/7/2020)

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Presiden AFF, Khiev Sameth. Diskusi itu juga dihadiri oleh perwakilan senior Sportfive, mitra komersial eksklusif untuk Piala AFF.

Berbicara pada pertemuan tersebut, Tran Quoc Tuan selaku wakil Presiden AFF, mengatakan bahwa Piala AFF merupakan hajatan penting bagi AFF dan negara-negara Asia Tenggara. AFF perlu bertanggung jawab untuk memastikan turnamen ini berjalan sukses dan dinikmati oleh penggemar.

Berdasarkan situasi terkini, Piala AFF 2020 terpaksa batal digelar pada November 2020 karena pandemi COVID-19 yang masih menggerogoti wilayah ASEAN.

Setelah berdiskusi, Komite Manajemen Darurat AFF sepakat dengan proposal untuk menjadwalkan ulang Piala AFF 2020 menjadi April 2020. Usulan ini akan diajukan ke Dewan AFF untuk dipertimbangkan.

2 dari 3 halaman

Resmi Ditunda

Logo AFF
Logo AFF

Sebelumnya, AFF melalui lamannya, ASEAN Football merilis penundaan Piala AFF 2020. Faktor yang menjadi penyebabnya yaitu wabah COVID-19 yang makin memburuk. Tidak hanya di ASEAN, namun juga secara global.

"Seperti yang diketahui, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua. Prioritas utama AFF adalah untuk melanjutkan keselataman keluarga sepak bola kami dan mengurangi dampak dari pandemi ini," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Dengan risiko penyebaran COVID-19 yang tetap tinggi, AFF memutuskan untuk tidak dapat melanjutkan Piala AFF 2020 dengan aman."

"Walaupun ini belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk untuk keluarga dan komunitas sepak bola kami, kami yakin bahwa kami akan melaluinya bersama dengan dukungan semua pemangku kepentingan termasuk penggemar, asosiasi anggota, pemain, pelatih, pejabat, media, dan mitra. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka karena telah bersatu dengan kami dalam perang melawan COVID-19," ujar Khief Sameth.

 

Sumber: Tuo Itre, AFF

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓