Piala AFF Ditunda, Malaysia Alihkan Fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2022

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 31 Jul 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 16:15 WIB
Timnas Indonesia Vs Malaysia
Gelandang Malaysia, Mohamadou Sumareh, melakukan selebrasi usai membobol gawang Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Malaysia mengambil hikmah dari penundaan Piala AFF ke 2021. Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Stuart Ramalingam, menyebut penundaan Piala AFF membuat pihaknya bisa langsung fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sub-Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) resmi menunda Piala AFF 2020 ke 2021, Kamis (30/7/2020). Stuart Ramalingam menyebut keputusan itu sudah tepat karena situasi Asia Tenggara yang belum kondusif dari pandemi COVID-19.

Malaysia langsung mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena masih punya peluang melaju ke babak selanjutnya. Timnas Malaysia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup G.

Sebelum bertempur di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia dijadwalkan akan menjajal kekuatan Bahrain dalam laga uji coba (4/9/2020). Setelah itu, tim berjulukan Harimau Malaya langsung menantang Uni Emirat Arab dalam laga tandang di Dubai pada 8 Oktober 2020.

"Setelah pertemuan dengan Bahrain, Timnas Malaysia akan terbang ke Uni Emirat Arab untuk menghadapi tuan rumah dalam pertandingan kualifikasi pada 8 Oktober," kata Stuart Ramalingam seperti dikutip Bernama, Jumat (31/7/2020).

Setelah melakoni dua laga itu, Timnas Malaysia kembali akan mengadakan laga persahabatan melawan Kuwait. Namun, keputusan akhir akan laga uji coba tersebut masih menunggu restu dari AFC.

"Kami akan kembali ke rumah untuk pertandingan persahabatan melawan Kuwait di Stadion Nasional Bukit Jalil pada November. Namun, saya diberitahu oleh AFC yang masih memantau situasi pandemi COVID-19 sebelum memutuskan lebih lanjut tentang pertandingan itu," tegas Stuart Ramalingam.

2 dari 3 halaman

Diusulkan April 2021

Timnas Malaysia
Timnas Malaysia. (AFP/Mohd Rasfan)

Timnas Malaysia awalnya sudah menatap antusias Piala AFF 2020. Turnamen antarnegara Asia Tenggara itu sejatinya digelar pada November-Desember mendatang harus ditunda karena pandemi virus COVID-19 yang masih melanda.

Wakil Ketua Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan, mengklaim semua anggota federasi AFF sepakat memilih April 2021 sebagai waktu yang ideal untuk menggelar Piala AFF. Saat ini, proposal akan rencana tersebut sudah diajukan ke Dewan AFF.

"Setelah mempertimbangkan secara keseluruhan, kami memutuskan untuk memilih April 2021 sebagai waktu penyelenggaraan Piala AFF. Proposal akan diajukan ke Dewan AFF untuk disetujui," kata Tran Quoc Tuan, seperti dikutip Webthethao, Kamis (30/7/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku