Sukses


Belum Ada Tanggal Pengganti, Nadeo Argawinata Siap Membela Timnas Indonesia di Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Penyelenggaraan Piala AFF 2020 resmi ditunda ke 2021. Pandemi COVID-19 yang belum rata melandai di semua negara Asia Tenggara menjadi penyebabnya.

Maka dari itu, Sub-Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) tak mau mengambil risiko. Kesejahteraan dan kesehatan semua yang terlibat di penyelenggaraan Piala AFF menjadi prioritas.

Keputusan penundaan itu diumumkan AFF pada Kamis (30/7). Pengumuman dirilis setelah digelarnya rapat Komite Darurat AFF.

Sejauh ini, belum ada tanggal dan bulan pasti kapan Piala AFF 2020 pada 2021 akan diselenggarakan. Dalam proposal teranyar, baru sebatas perkiraan.

Dalam proposal itu disebutkan Piala AFF 2020 diundur sampai pertengahan April 2021. Rencana itu berdasarkan rekomendasi dari satuan gugus tugas (satgas) AFF untuk COVID-19. Nantinya, proposal tersebut akan dipelajari oleh Dewan AFF.

Menanggapi tanggal dan bulan pengganti yang belum pasti, kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata tampak biasa saja. Menurutnya, hal seperti itu sudah risiko dari munculnya pandemi COVID-19.

Sebab, bukan hanya Piala AFF 2020 saja yang diundur. Banyak agenda lain yang juga digeser ke tahun depan. Jadi pada 2021, banyak agenda menumpuk sehingga harus dicermati pelaksanaan tanggal penggantinya.

"Mau kapanpun ditunda digelarnya asal jadwal jelas. Sudah dipersiapkan ya pasti enggak ada masalah. Mau awal tahun, pertengahan, atau akhir tahun," ujar Nadeo kepada Bola.net, Jumat (31/7/2020).

Video

2 dari 2 halaman

Tanpa Penonton

Penyelenggaraan Piala AFF tahun depan juga belum pasti dengan penonton di stadion. Masih ada peluang venue belum boleh dibuka buat suporter.

Menurut Nadeo, boleh atau tidaknya penonton masuk stadion di Piala AFF tahun depan sangat tergantung terhadap kondisi yang ada. Kalau memang tidak memungkinkan karena COVID-19 masih harus diwaspadai, lebih baik tidak.

"Kita lihat keadaan di sini. Jadi apakah memang keadaannya masih seperti ini, atau semoga sudah normal lagi. Ada penonton lebih bagus," tuturnya.

"Hanya saja lihat situasi dan kondisi lagi. Kalau memang harus tanpa penonton, ya tidak masalah," imbuh Nadeo.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Serafin Unus Pasi, published 31/7/2020)

Video Populer

Foto Populer