Tim Sepak Bola Jawa Barat Agendakan Uji Coba sebagai Persiapan PON Papua 2021

Oleh Erwin Snaz pada 02 Agu 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 12:15 WIB
Manajer tim sepak bola Pelatda PON Jabar, Erwan Setiawan. PON Papua 2020
Manajer tim sepak bola Pelatda PON Jabar, Erwan Setiawan. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Tim sepak bola Jawa Barat terus mempersiapkan diri guna menghadapi Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua (PON Papua) yang rencananya akan digelar pada Oktober 2021.

Manajer tim sepak bola Pelatda Jabar untuk PON Papua, Erwan Setiawan, mengungkapkan tim asuhannya akan melakukan uji coba dengan lawan tim lokal asal Sumedang, Jawa Barat, pada Agustus ini.

"Agustus ini kami sudah akan beruji coba. Uji coba pertama akan digelar di Sumedang, lawannya masih dicari. Yang pasti dari level bawah dulu," ujar Erwan, Sabtu (1/8/2020) di Bandung.

Selama ini, lanjut Erwan, tim sepak bola Jabar hanya berlatih di Kota Bandung saja, maka itu ke depan saya akan mencoba berlatih di luar Bandung sambil beruji coba, terutama di daerah panas seperti Pangandaran dan Indramayu.

"Kami memilih daerah yang panas sekaligus untuk beradaptasi karena tahu sendiri Papua berhawa panas. Jadi aklimatisasi harus dilakukan di daerah bersuhu panas, bukan di daerah berhawa sejuk," ucap Erwan.

 

2 dari 3 halaman

Mencari Sponsor

Sementara itu, Erwan keberatan dengan keputusan KONI Jabar yang terlalu terburu-buru untuk mengurangi jumlah pemain tim sepak bola Jabar dari 26 menjadi 23 pemain.

"Agak keberatan juga harus mengurangi pemain sesuai permintaan KONI Jabar pada Agustus ini. Jangan cepat-cepat mengurangi pemain karena PON Papua masih satu tahun lagi," jelas Erwan.

Namun, apabila KONI Jabar tetap ngotot meminta pemain tim sepak bola Jabar dikurangi, Erwan mengatakan pihaknya akan berusaha mencari sponsor.

"Kami akan cari sponsor untuk membiayai pemain yang tidak ditanggung KONI Jabar. Mudah-mudahan dapat sponsor mumpung masih ada waktu," tutur Wakil Bupati Sumedang ini.

Keterbatasan dana membuat pihak KONI Jabar meminta mengurangi jumlah atlet cabang olahraga sepak bola yang akan dikirimkan ke Papua dalam PON 2021 nanti. Bahkan kabarnya dari 23 pemain akan kembali menyusut jadi 18 pemain.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓