Aksi Mulia Gelandang Persela: Gerakkan Pemuda Desa Ternak Lele, Siap Panen Ribuan Ekor

Oleh Nandang Permana pada 02 Agu 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 14:41 WIB
Adi Setiawan
Gelandang Persela Lamongan, Adi Setiawan. (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persela Lamongan, Adi Setiawan saat ini sedang bersiap memanen ribuan ikan lele yang dari dua kolam di kampung halamannya Desa Paradorato, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Ya, sejak kompetisi dihentikan, Adi Setiawan memilih merintis usaha ikan lele di kampung halamannya. Tidak terasa, dengan ketekunan dan keseriusan, dua kolam yang berisi 3 ribu ikan lele itu dalam waktu dekat ini sudah siap panen.

 

"Sejak kompetisi dihentikan, saya mencoba membuka usaha lele di kampung halaman saya. Kebetulan di sini sudah ada juga yang budidaya lele. Alhamdulillah, sebentar lagi mau panen. Ikan lele itu dipanennya setiap tiga bulan sekali," kata Adi Setiawan kepada Bola.com, Minggu (02/8/2020).

Namun, Adi mengatakan, usaha budidaya lele itu bukan hanya perihal keuntungan. Pemain yang pernah membela Barito Putera ini mengatakan, awal tujuan dari mendirikan usaha budidaya ikan lele itu untuk membantu para pemuda yang tidak memiliki pekerjaan di desanya.

"Jadi, saya hanya memberikan modal dan tempat. Nanti kalau ada untung ya di bagi-bqgi. Karena memang saya membuka usaha budidaya Ikan Lele ini untuk membantu pemuda di kamoung saya agar ada aktivitas," ujarnya.

"Jadi, para pemuda itu yang mengelolanya. Di sini ada perkumoulan pemuda, setelah saya ajak bicara mereka mau mengurus dua kolam ikan lele dengan 3 ribu ekor isinya," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Berdikari

Adi Setiawan berharap, ke depannya usaha ikan Lele nya itu berkembang pesat agar lebih banyak lagi pemuda di kampungnya yang memiliki pekerjaan. Ia juga berharap suatu saat nanti para pemuda itu bisa berdikari.

"Tentu, saya berharap usaha ini tambah besar, agar banyak pemuda yang tertampung dan memiliki usaha sendiri. Usaha ikan lele ini sangat menjanjikan dari segi keuntungan dan tidak repot untuk mengurusnya," kata Adi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Inovasi dari SCM Untuk Shopee Liga 1 2020