Piala AFF Diundur, Rachmat Irianto Jaga Semangat di Timnas Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 06 Agu 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 06 Agu 2020, 18:30 WIB
Indonesia Vs Thailand
Bek Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Bek Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, tidak mengendurkan semangat meski Piala AFF 2020 terpaksa ditunda. Turnamen antar negara Asia Tenggara itu sejatinya digelar November hingga 2020. 

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia membuat federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) terpaksa menundanya. Belum ada kepastian kapan ajang itu akan digelar, namun telah diumumkan akan dilaksanakan pada 2021. 

“AFF ditunda tidak apa apa, justru itu sangat baik di tengah kondisi saat ini. Piala AFF memang ajang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting,” ucap Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto. 

Rian masuk daftar pemain yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. Semua pemain yang ada di daftar tersebut telah berada di Jakarta selama sepekan terakhir.

Namun, hingga kini, mereka belum menjalani latihan. Itu termasuk Timnas Indonesia U-19 yang juga ditangani oleh Shin Tae-yong. Rian masih enggan menyebutkan kapan dirinya bersama rekan-rekannya akan memulai agenda tersebut. 

“Sebenarnya informasi latihan timnas sudah ada, tapi mohon maaf masih tertutup. Harap dimaklumi ini juga demi kebaikan kami juga,” tutur pemain milik Persebaya itu.

Seharusnya, Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-19 sudah mulai berlatih sejak 25 Juli 2020. Namun, PSSI terpaksa membatalkannya akibat hasil swab test pertama, yang berlangsung beberapa hari sebelumnya, masih dalam pemeriksaan.

2 dari 3 halaman

Jadwal Ulang

Latihan Timnas Indonesia U-22
Pemain Timnas Indonesia U-22, Rachmat Irianto, mengamati rekannya saat latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Rabu (27/11). Latihan ini persiapan jelang laga SEA Games 2019 melawan Singapura U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

PSSI menjadwalkan ulang latihan perdana Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-19 menjadi 1 Agustus 2020. Sebelum berlatih, 100 orang yang berkaitan dengan pemusatan latihan kembali mengikuti swab test kedua pada 30 Juli 2020. 

Namun, hasil swab test kedua yang dijalani skuat Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-19 tidak kunjung keluar. Kabar terbaru menyebutkan latihan bakal digelar mulai Jumat (7/8/2020). 

Tes swab pada 30 Juli 2020 diikuti oleh 98 orang termasuk pemain, ofisial, dan tim pelatih. Selama menunggu pemusatan latihan dimulai, para personil berlatih secara mandiri di Hotel Fairmont, Jakarta, sebagai lokasi penginapan. 

Rian punya semangat besar menjalani pemusatan latihan kali ini. Sebab, dia ingin merasakan sentuhan Shin Tae-yong yang baru menangani Timnas Indonesia sejak akhir 2019. 

“Coach Shin Tae-yong adalah pelatih yang disiplin dan suka dengan pemain yang bekerja keras. Pokoknya tipe pelatih Asia Timur dan itu baik untuk kami sebagai pemain,” ucap wakil kapten Persebaya tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓