Sukses


Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021, Menpora Menggaransi Gelora Bung Tomo Tidak Bau Sampah

Bola.com, Jakarta - Aroma sampah yang menyengat dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo disebut-sebut kerap tercium hingga Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kondisi tersebut sempat membuat khawatir sejumlah pihak, termasuk Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Namun, bau sampah di GBT dianggap sudah hilang. Setidaknya, kondisi itu dirasakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Pria asal Gorontalo ini mengaku tidak mencium aroma tidak sedap tersebut ketika mengunjungi GBT pada awal tahun ini.

Zainudin bersama rombongan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) turut menghadiri pembukaan Shopee Liga 1 di GBT yang mempertandingkan Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri pada 29 Februari 2020.

"Terakhir saya berada di stadion tersebut saat pembukaan Shopee Liga 1 itu dari sore sampai malam hari. Konon kabarnya, di situ gangguannya," ujar Zainudin pada konferensi pers bersama Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

"Saya merasakan beberapa jam di situ, tidak ada masalah sama sekali. Kami dapat informasi dari Bu Risma, kalau bermasalah, pasti warga di situ langsung protes," imbuhnya

GBT menjadi satu dari enam stadion yang dipilih PSSI sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Lima stadion lainnya yaitu Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Video

2 dari 2 halaman

Garansi Menpora

Saat menyambangi GBT pada Februari 2020, Zainudin bersaksi hidungnya tidak menghirup bau sampah. Menteri berusia 58 tahun ini menggaransi Surabaya telah layak menggelar Piala Dunia U-20 2021.

"Saya luruskan, GBT sangat layak. Urusan lingkungan sudah beres. Jadi tak ada masalah karena saya langsung hadir di situ saat pembukaan Shopee Liga 1. Tak ada bau dan yang lain-lain," tuturnya.

"Surabaya siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Itu intinya setelah saya bertemu Bu Risma. GBT dan fasilitasnya termasuk lapangan sudah siap," ucap Zainudin.

Video Populer

Foto Populer