Sukses


Mengenal Gilles Joannes, Pemain Tim di Liga Belanda Keturunan Indonesia

Bola.com, Jakarta - Negara Belanda atau Belgia banyak ditemukan pesepak bola muda penuh potensi yang memiliki darah Indonesia. Terbaru adalah Gilles Joannes, pemain 17 tahun yang kini memperkuat tim muda NAC Breda.

Sang pemain menceritakan tentang profil singkatnya dan aktivitas sepak bola bersama tim Eredivisie tersebut dalam channel YouTube Yussa Nugraha. Gilles Joannes mengaku tinggal di Belgia, tepatnya di kota Essen, meski klubnya ada di Belanda.

"Saya membutuhkan waktu setengah jam untuk ke Breda. Selalu menggunakan transportasi umum kereta," ungkap Gilles Joannes.

Ketika ditanya tentang kehidupan sepak bola, Gilles bercerita begitu menyukai posisi sebagai seorang gelandang bertahan. Ia juga mengaku sudah menekuni sepak bola sejak berusia enam tahun.

"Posisi saya sebagai gelandang bertahan sedikit beroperasi di kanan. Karena saya suka main di posisi ini, mengatur permainan selain memberikan tekanan ke lawan," bebernya.

"Pertama main bola sejak umur enam tahun di Essen, satu tahun di sana. Lalu pernah juga di KSK Lierse hingga sekarang di NAC Breda. Sudah memasuki tahun kelima, saat ini di tim U-18 dan selanjutnya di U-21," terang sang pemain.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Keturunan Indonesia

Sebagai orang keturunan Indonesia, Gilles Joannes sempat diminta oleh Yussa Nugraha untuk berbicara bahasa Indonesia. Ia pun begitu fasih berbahasa Indonesia, seperti mengucapkan perkenalan nama dan menanyakan kabar.

Keluarga, terutama kakek dan neneknya berasal dari Indonesia, membuat ia cukup menggemari masakan khas tanah air, terutama soto ia mengaku selalu ada sajian masakan khas Indonesia jika berkunjung ke kakek dan neneknya.

"Keluarga ayahku, opa dari Jakarta dan oma Sumatera. Saya rasa seperempat diriku orang Indonesia karena orang tua opa oma saya juga tidak asli Indonesia. Saya juga belum pernah ke Indonesia," jelas Gilles Joannes.

 

Sumber: Channel YouTube Yussa Nugraha

Video Populer

Foto Populer