Sukses


Iwan Bule Usulkan TC Timnas Indonesia U-19 di Belanda, Ini Jawaban Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menawarkan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melaksanakan pemusatan latihan (training centre) di Eropa seperti di Belanda. Namun, arsitek asal Korea Selatan tersebut menolaknya.

"Sebenarnya saya lebih memilih ke Korea Selatan. Karena selama di sana, kami akan tinggal di Gwangju," ujar Shin Tae-yong setelah memimpin TC Timnas Indonesia dan U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

"Ada sejumlah tim bagus yang bisa menjadi lawan kami. Ada Pohang Steelers, Ulsan Hyundai, dan Daegu FC. Ada tim-tim bagus yang bisa menjadi lawan uji coba kami," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sedari awal ngotot ingin menggelar pemusatan latihan di kampung halamannya. Tim yang akan dibawanya hanya Timnas Indonesia U-19, dengan meninggalkan timnas senior di Jakarta.

Menurut Shin Tae-yong, jarak dari Gwangju dengan homebase sejumlah tim yang diproyeksikan sebagai lawan uji coba Timnas Indonesia U-19 tidak terlalu jauh.  

"Paling jaraknya hanya 40-50 km. Jadi, untuk berlatih atau uji coba dengan mereka akan sangat bagus untuk kami," jelas mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

Video

2 dari 2 halaman

Korea Selatan Dianggap Lebih Aman

Shin Tae-yong juga menganggap bahwa kondisi Korea Selatan lebih aman dibandingkan di negara lain untuk menjadi lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia. Dia juga sadar bahwa pergi ke Negeri Ginseng akan memakan waktu lama karena ancaman karantina selama dua pekan.

"Kenapa saya ingin TC di Korea Selatan, karena di sana sangat amat dan tim-tim di sana lebih kuat dibanding di sini. Untuk para pemain, pasti bagus bisa meningkatkan kemampuan di sana," imbuh Shin Tae-yong.

"Tapi ada permasalahan karantina selama 14 hari di sana. Jadi saya dengan PSSI pernah bicarakan tentang TC di Eropa karena ada beberapa negara yang tak menerapkan isolasi," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer