Sukses


Jacksen F Tiago Berharap Timnas Indonesia Tidak Dibebani Target Tinggi di Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Pelatih asal Barsil, Jacksen F Tiago berharap para pemain muda yang tergabung di Timnas Indonesia U-19 tidak dibebankan target tinggi pada Piala Dunia U-20. Menurutnya, target tinggi bisa menjadi tekanan.

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Jakarta. Mereka dipimpun langsunng pelatih kepala Shin Tae-yong dan akan terjun dalam dua event terdekat.

Yang pertama mereka akan ikut serta pada Piala AFF U-19 di Uzbekistan Oktober mendatang. Di perhelatan itu, Indonesia tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Iran dan Kamboja.

Dan yang paling ditunggu adalah perhelatan Piala Dunia U-20, Mei 2021 mendatang. Garuda Muda berhak tampil di Piala Dunia U-20 setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Saya kira para pemain muda kita jangan terlalu dibebankan dengan target terlalu tinggi. Kita tahu Piala Dunia adalah level tertinggi sepak bola meski U-20. Level kita mungkin ada di bawah negara-negara peserta lain," kata Jacksen F Tiago kepada Bola.com, Minggu (09/8/2020).

"Jangan diberikan target tanggi, karena bisa membuat para pemain muda Timnas Indonesia U-19 yang mempunyai kemampuan baik, bisa terbebani," tambahnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Yang Penting Piala Dunia U-20 Berjalan Sukses

Masyarakat Indonesia, kata pria yang kini melatih Persipura di Shopee Liga 1 ini, bisa mengeritik para pemain muda itu, dan jika itu terjadi maka para pemain muda tersebut bisa kehilangan kepercayaan diri.

"Apalagi sekarang jamannya sosial media. Semua pemain punya sosial media, instagram, twitter dan facebook. Jika mereka gagal meraih target, bukan tidak mungkin mereka akan dibuli netizen. Ini yang harus dipikirkan," ungkapnya.

Menurut pelatih yang pernah menukangi Timnas Senior tahun 2013 ini, adahal yang lebih penting yang harus dilakukan Timnas Indonesia U-19 ketimbang memberikan target tinggi kepada pemain muda di Piala Dunia U-20 nanti.

"Kalau berbicara persiapan, mustahil menjadi juara Piala Dunia U-20. Lebih baik berpikir bagaimana menjadi tuan rumah yang baik, dan sukses menyelengarakan Piala Dunia U-20 nanti. Saya kira itu yang lebih penting, dengan sukses menyelengarakan Piala Dunia U-20 maka itu sudah sebuah prestasi membanggakan. Biar nanti prestasi tim mengikuti," Jacksen F Tiago mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer