Sukses


Klub Shopee Liga 1 2020 Tak Wajib Memainkan Pemain U-20

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memasukkan regulasi khusus untuk pemain U-20 pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Namun, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyebut klub tak wajib memainkan pemain U-20.

Saat ini, PT LIB dan PSSI sedang membahas tujuh regulasi baru yang akan diterapkan pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Satu yang menarik perhatian adalah adanya regulasi khusus untuk pemain U-20.

"Kewajiban memasukkan minimal dua Pemain U-20 dalam 18 nama di Daftar Susunan Pemain," bunyi keterangan PT LIB.

Akhmad Hadian Lukita menjelaskan, regulasi itu hanya mengatur kewajiban klub Shopee Liga 1 2020 untuk memasukkan pemain U-20 ke daftar susunan pemain. Regulasi itu bukan untuk mewajibkan klub memainkannya dalam pertandingan.

"Boleh masuk ke DSP (Daftar Susunan Pemain), akan tetapi tidak wajib dimainkan. Sebelumnya kan ada wajib dimainkan" kata Akhmad Hadian Lukita.

Keputusan itu diambil PT LIB karena sadar tak semua klub memiliki banyak pemain U-20. Meski begitu, PT LIB juga memastikan regulasi tersebut belum final.

"Ada beberapa klub yang bilang kekurangan pemain (U-20). Regulasi itu belum jadi keputusan final, nanti masuk ke PSSI dan PSSI nanti yang harus bikin regulasi," tegas Akhmad.

Regulasi pemain U-20 pada lanjutan Shopee Liga 1 2020 dibentuk demi mendukung Timnas Indonesia U-19. Adanya regulasi ini diharapkan bisa memberikan kesempatan dan pengalaman kepada pemain sebelum bertempur di Piala Dunia U-20 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Rancangan Regulasi

1. Penghapusan degradasi Shopee Liga 1 2020 pada akhir musim.

2. Penambahan pergantian pemain menjadi 5 pemain (sesuai amandemen laws of the game 2019/2020).

3. Periode Pendaftaran Pemain Tahap 2 tetap dibuka, namun tidak boleh melakukan Transfer pemain antarklub Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjangpemain dari luar klub Liga 1.

4. Kewajiban memasukkan minimal 2 Pemain U20 dalam 18nama di Daftar Susunan Pemain.

5. Penerapan protokol Kesehatan.

6. Penyesuaian Standar kelayakan venue pertandingan.

7. Klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan timnas.

Video Populer

Foto Populer