Lanjutan Liga 1 2020 Tanpa Degradasi, Pelatih Persib Masih Berharap Ada Play-off pada Akhir Musim

Oleh Erwin Snaz pada 10 Agu 2020, 21:15 WIB
Diperbarui 10 Agu 2020, 21:15 WIB
Robert Alberts, Persib Bandung
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Dengan segala pertimbangan yang dibuat PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan peserta kompetisi, lanjutan Liga 1 2020 akan dimulai pada 1 Oktober 2020 hingga Februari 2021. Memahami situasi sepak bola Indonesia yang harus bergulir lagi di tengah pandemi COVID-19, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, berharap agar kompetisi tetap menyertakan degradasi dan promosi dengan kondisi tertentu pada akhir musim nanti.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memang telah memutuskan bahwa Liga 1 2020 akan tetap berlanjut dan akan tanpa degradasi pada akhir musim nanti. Keputusan tersebut telah dipastikan dalam managers meeting antara klub peserta dan PT LIB belum lama ini.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengaku memahami keputusan tersebut karena kompetisi tetap harus berjalan dengan segala perspektif yang ada. Namun, secara pribadi, pelatih asal Belanda itu tetap berharap ada fase play-off yang melibatkan klub terawah di Liga 1 dan klub teratas di Liga 2 agar suasana kompetitif tetap terjaga.

"Kami harus memahami masalah sepak bola Indonesia, baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Kami harus melihat dari perspektif yang berbeda. Beberapa klub tidak bisa bermain di kandang karena pertandingan terpusat di Pulau Jawa," ujar Robert Alberts dalam wawancara virtual, Senin (10/8/2020).

"Namun, secara pribadi sebagai pelatih, saya menyarankan ada zona degradasi untuk empat klub paling bawah yang akan bertanding melawan empat tim teratas dari Liga 2. Jadinya nanti ada semacam laga play-off, sehingga akan membuat liga lebih menarik karena setiap klub akan berusaha menghindari posisi tidak aman. Selain itu, klub dari Liga 2 juga jadi lebih bersemangat untuk masuk ke Liga 1," lanjut mantan pelatih PSM Makassar itu.

Namun, Robert Alberts menegaskan bahwa hal tersebut sebatas masukan pribadi. "Jika peraturannya tetap seperti itu, maka kami tetap menerimanya dan melihat dari sudut pandang lain, mengingat kondisinya saat ini," ujar pelatih Persib Bandung itu.

2 dari 3 halaman

Regulasi Pemain U-20

Robert Alberts, Persib Bandung, GBLA
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, tengah mengecek kondisi lapangan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (30/6/2020). (Bola.com/Erwin Snaz)

Robert Alberts juga membahas regulasi pemain U-20 yang harus masuk dalam lineup setiap pertandingan. Menurut pelatih asal Belanda itu, harus ada kejelasan tersebut apakah pemain ini harus menjadi starter atau hanya sekadar ada di dalam skuat.

"Kami sudah punya pemain U-20, yaitu Beckham Putra dan Mario Jardel. Namun, jika mereka dipanggil ke Timnas Indonesia seperti yang dilakukan Beckham saat ini, kami harus berdiskusi terlebih dulu dengan manajemen," ujar Robert.

"Satu hal yang pasti, kami sudah memenuhi kewajiban memiliki dua pemain U-20. Namun, kami harus berbicara dulu dengan manajemen untuk mengetahui kejelasan soal regulasi ini," lanjutnya.

Persib Bandung sendiri menjalani rutinitas latihan bersama di Stadion GBLA, Bandung pada Senin (10/8/2020) guna persiapan lanjutan Liga 1 2020. Dalam latihan perdana itu hanya lima pemain yang absen yakni Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Zulham Zamrun, Febri Hariyadi, dan Beckham Putra Nugraha.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Ingat 12 Hari Lagi Shopee Liga 1 Dimulai! Jangan Lewatkan Laga-Laga Seru Bali United