Cerita Robert Alberts Saat Terkena Serangan Jantung dan Kesuksesan Operasi

Oleh Vincentius Atmaja pada 11 Agu 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 17:45 WIB
Robert Alberts, Persib Bandung, GBLA
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, tengah mengecek kondisi lapangan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa (30/6/2020). (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengalami serangan jantung pada 21 Juli lalu. Pelatih asal Belanda ini menjalani operasi pemasangan ring pada jantungnya dan berjalan lancar.

Tidak ada perkiraan sebelumnya bahwa Robert Alberts memiliki penyakit jantung. ia terlihat cukup sehat dan sering berolahraga, selain profesinya sebagai pelatih Persib.

Belum lama ini, Robert mengunggah sebuah video yang berisi ceritanya pada saat terkena serangan jantung. Kondisi darurat memaksanya harus menempuh operasi pemasangan ring.

Dalam video itu, eks pelatih PSM Makassar ini mengatakan, pada Kamis 23 Juli lalu, dirinya menjalani masa pemulihan operasi setelah mengalami serangan dua hari sebelumnya. Padahal, sebelumnya Robert Alberts merasa baik-baik saja, termasuk kegemarannya bersepeda dengan staf Persib .

Ia merasakan nyeri pada lengan kiri dan tidak enak badan. Seharusnya, ia melakukan check up namun ditunda keesokan harinya. Kondisi eks pelatih Arema ini semakin drop pada tanggal 21 Juli, sekitar jam 2 dini hari.

Dadanya terasa sakit dan berkeringat, membuatnya tidak kuat menahannya. Hingga akhirnya, jam 5 pagi Robert dilarikan ke RS Borromeus Bandung.

"Mereka (petugas medis) langsung ke ruang operasi secepatnya, untuk memasukkan alat bantu ke jantung lewat nadi saya. Ada tiga arteri yang masuk jantung daya, dan satu arteri yang tersumbat," ujar Robert Alberts dalam video channel YouTube Tommy Desky.

2 dari 2 halaman

Operasi Lancar

Robert Alberts, Persib Bandung
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, setelah menjalani operasi pemasangan ring pada jantungnya. Robert Alberts sempat mengalami serangan jantung pada Selasa (21/7/2020). (Bola.com/Erwin Snaz)

Robert bersyukur langsung mencapat pertolongan.

"Mereka menggunakan alat berupa balon untuk membukanya dan memasukkan selang ke dalamnya. Setelah itu darah bisa masuk ke jantung saya lagi. Semuanya kembali normal, dan tentu saja ada kerusakan pada jantung saya," tuturnya.

Operasi jantung pun berjalan dengan lancar. Kondisinya juga berangsur-angsur membaik dan sudah kembali berkumpul di tim. Robert telah memimpin sesi latihan perdana Persib, Senin (10/8/2020), sebagai persiapan menghadapi kelanjutan Liga 1 2020.

"Operasinya sukses, terima kasih banyak untuk staff rumah sakit dalam memberikan yang terbaik. Dokter sangat bagus dan cepat tanggap," jelas Robert Alberts.

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia