Robert Alberts Fokus Mengembalikan Sentuhan Bola Pemain Persib

Oleh Erwin Snaz pada 11 Agu 2020, 18:50 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 18:50 WIB
Persib Bandung
Para pemain Persib Bandung mengikuti latihan perdana menjelang bergulirnya kembali Liga 1 2020, di Stadion GBLA, Senin (10/8/2020). (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyebut sesi latihan yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Selasa (11/8/2020), lebih fokus kepada masalah sentuhan bola. Hal tersebut tidak terlepas dari pasukannya yang sudah hampir lima bulan hanya berlatih mandiri.

Persib Bandung telah memulai latihan bersama lagi sejak Senin (10/8/2020). Memasuki hari kedua latihan bersama jelang kembali beraksi di Liga 1 2020, Maung Bandung masih menggelar latihan secara umum. Robert Alberts menegaskan sentuhan bola menjadi prioritas yang harus dikembalikan.

"Kami ingin pemain mulai mengembalikan lagi ball feeling di lapangan, lebih banyak sentuhan bola. Hari ini juga kami lebih banyak melatih kekuatan dalam latihan. Setelah itu kami mengasah teknik mengolah bola dengan melakukan banyak sentuhan dengan bola," ujar Robert.

Setelah itu, Robert Alberts akan kembali membagi para pemain dalam permainan 11 lawan 11, mengingat hal itu menjadi yang paling penting bagi Maung Bandung untuk kembali berkompetisi.

"Ketika liga dimulai lagi setelah enam bulan dari pertandingan terakhir melawan PSS pada Maret lalu, penting bagi pemain mengembalikan sentuhan dan dimensi mereka terhadap permainan sebelas lawan sebelas pemain," ujar pelatih Persib Bandung itu.

2 dari 3 halaman

Kondisi Pemain

Robert Alberts, Persib Bandung
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Bola.com/Erwin Snaz)

Kalaupun ada penurunan skill dari pasukannya, Robert Alberts menegaskan hal itu wajar lantaran para pemainnya cukup lama tidak latihan seperti biasanya.

"Kemarin semua pemain begitu antusias dalam latihan dan tubuh mereka masih terlihat ringan. Setelah satu hari latihan, tubuh mereka sedikit lebih berbobot. Itu yang bisa dilihat dalam latihan kali ini," kata Robert Alberts.

"Positifnya lagi adalah mereka tidak ada yang cedera dan tumbang. Mereka tetap lincah dan kami mendapatkan hasil yang bagus dari detak jantung para pemain berdasarkan sistem catapult," tambah pelatih Persib Bandung.

Yang pasti, kata Robert, kondisi pasukannya pada sesi latihan hari kedua, sudah cukup memuaskan. Bahkan para pemain terlihat termotivasi menatap kick-off Shopee Liga 1 2020 pada 1 Oktober nanti.

"Tidak ada masalah motivasi dalam enam pekan ke depan dari aspek latihan. Satu yang paling penting lagi dalam latihan, setiap pemain menjaga standarnya untuk bersiap menghadapi liga. Tidak ada lagi pramusim karena itu sudah dilakukan sebelumnya. Jadi ini situasi yang sangat berbeda," tutur Robert.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia