Robby Darwis Optimistis Persib Tetap Dominan Saat Liga 1 2020 Berlanjut

Oleh Abdi Satria pada 12 Agu 2020, 06:30 WIB
Diperbarui 12 Agu 2020, 06:30 WIB
Persib Bandung - Robby Darwis
Persib Bandung - Robby Darwis (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Makassar - Sosok Robby Darwis tidak pernah bisa dipisahkan dari Persib Bandung. Ia sosok legenda Persib yang tampil luar biasa pada era 1980 hingga 1990an. Ia membawa Persib meraih gelar juara Perserikatan 1986, 1989/1990, dan 1993/1994. Ia tetap menjadi bagian penting ketika Persib mencetak sejarah menjadi tim pertama yang meraih gelar juara Liga Indonesia, yaitu pada musim perdana 1994/1995.

Robby Darwis memang pernah memperkuat klub Galatama Tempo Utama dan Tunas Inti serta Kelantan FA di Malaysia. Namun, Robby memperkuat tiga klub itu saat Persib Bandung tidak sedang berkompetisi.

Dalam channel youtube Jurnal Opa, Robby Darwis mengungkapkan total selama 20 tahun berkostum Persib. Itulah mengapa, sampai saat ini, meski tidak lagi bersama Persib, baik sebagai pemain dan pelatih, Robby tetap merasa menjadi bagian klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini.

Saya dan teman-teman seangkatan tetap mengikuti perkembangan Persib. Kami sering membicarakan penampilan Persib, termasuk di Liga 1 2020 ini," ujar Robby Darwis yang kini menangani klub Liga 2, PSKC Cimahi.

Menurut Robby, ia bersama mantan pemain Persib lainnya kerap memenuhi undangan laga uji coba. Kami juga sering mengajak Abah Indra Thohir untuk mendampingi tim. Meski usianya sudah 79 tahun, beliau tetap bersemangat kalau diminta ikut bersama kami," ujar Robby.

Sebagai eks pemain dan pelatih Persib Bandung, Robby Darwis mengaku masih sering disapa bobotoh. "Mereka kerap bertanya seputar perkembangan Persib. Mulai dari kelebihan, kekurangan dan peluang Persib di kompetisi," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Optimistis Persib Juara Liga 1 2020

Persib Bandung
Para pemain Persib Bandung mengikuti latihan perdana menjelang bergulirnya kembali Liga 1 2020, di Stadion GBLA, Senin (10/8/2020). (Bola.com/Erwin Snaz)

Ikatan emosional yang kuat membuat Robby Darwis tetap memantau penampilan Persib Bandung, termasuk di Liga 1 2020. Menurut Robby, andai kompetisi tidak terhenti karena pandemi COVID-19, Persib bakal jauh meninggalkan para pesaingnya.

Robby Darwis merujuk kemenangan beruntun Persib pada liga pertandingan pertama Liga 1 2020. Masing-masing menekuk Persela Lamongan dengan skor 3-0, menang 2-1 di kandang Arema FC, dan menang 2-1 atas PSS Sleman.

Menurut Robby Darwis, Persib terlihat dominan karena langsung menemukan ritme permainan pada awal kompetisi. Sukses ini berkat usaha manajemen yang mendatangkan pemain sesuai kebutuhan Robert Alberts sebagai pelatih dan dukungan total dari bobotoh.

Robby Darwis optimistis Persib tetap solid meski ada jeda kompetisi yang panjang karena pandemi COVID-19. "Kalau dibandingkan dengan para pesaingnya, persiapan Persib jelas lebih baik menghadapi lanjutan Liga 1 2020 pada Oktober nanti," tegasnya.

Robby Darwis berharap Persib bisa mewujudkan ambisi meraih trofi dengan sistem kompetisi penuh. Seperti diketahui, dua trofi juara Persib di era Liga Indonesia pada musim 1994-1995 dan 2014 diraih lewat pembagian wilayah dan diakhir dengan laga final.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia