Sukses


Shin Tae-yong Pusing, COVID-19 Bikin Rencananya di Timnas Indonesia Berantakan

Bola.com, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dibuat pusing tujuh keliling. Gara-gara COVID-19, rencana kerjanya berantakan.

Virus corona bikin pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia dan U-19 periode Maret-Juli 2020 batal digelar. Sejumlah pertandingan bertaraf internasional pun mengalami penundaan. Padahal, Shin Tae-yong telah merumuskan gambaran besar untuk memperbaiki prestasi timnas.

Sempat pulang ke Korea Selatan selama tiga bulan di tengah pandemi COVID-19, Shin Tae-yong telah kembali ke Indonesia pada akhir Juli 2020 dan mulai memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia dan U-19.

"Pandemi virus corona mengubah drastis rencana kami. Kalau bukan karena COVID-19, seharusnya 50 persen road map kami sudah berjalan. Karena wabah virus corona, kami harus membuat road map yang baru," kata Shin Tae-yong dinukil dari YouTube PSSI TV.

Sebelum wabah COVID-19 merebak, Shin Tae-yong juga mendapatkan angin surga dari PSSI. Arsitek berusia 49 tahun itu dijanjikan dapat menggelar pemusatan latihan di luar negeri, khususnya di Eropa. Namun, rencana itu batal karena pandemi virus corona terlanjur mengganas.

Video

2 dari 2 halaman

COVID-19 Buat Skuad Timnas Indonesia dan U-19 Diisolasi

Akibat COVID-19 pula, para pemain Timnas Indonesia dan U-19 terpaksa diisolasi hampir dua pekan setibanya di Jakarta. Mulanya, PSSI merencanakan pemusatan latihan dimulai pada 25 Juli 2020.

Namun, karena alasan hasil tes swab yang tidak tepat waktu, PSSI sampai memundurkan pemusatan latihan sebanyak dua kali pada 1 Agustus dan 7 Agustus 2020.

"Saya tidak memikirkan adanya virus corona dalam road map saya sebelumnya. Karena virus corona, rencana yang sudah kami susun dengan baik tidak berjalan. Karena virus corona juga, pemain sampai harus dikarantina selama 10 hari lebih. Jadi pada latihan kali ini, karena otot para pemain tidak balance, maka dari itu kami latihan ringan saja," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Saat ini, Shin Tae-yong tengah memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia dan U-19 di Stadion Madya, Jakarta. Latihan akan berlangsung selama beberapa hari dan telah dimulai sejak 7 Agustus 2020.

Sumber: PSSI TV

Video Populer

Foto Populer