Gabung Persebaya, Angga Saputra Ceritakan Momen Meminta Izin Presiden Tira Persikabo

Oleh Aditya Wany pada 13 Agu 2020, 06:45 WIB
Diperbarui 13 Agu 2020, 06:45 WIB
Angga Saputra
Kiper Persebaya Surabaya, Angga Saputra. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Angga Saputra, sempat menghadapi dilema pada awal musim ini. Kiper yang musim lalu membela Tira Persikabo itu ingin menerima tawaran dari Persebaya, tapi klub yang dibelanya sejak 2018 itu memintanya untuk bertahan.

Situasi menjadi lebih rumit lantaran status Angga merupakan anggota TNI. Pemain asli Sidoarjo itu lantas memberanikan diri menegaskan keinginannya pindah ke Persebaya Surabaya kepada Presiden Tira Persikabo, Bima Wirjasoekarta.

“Saya bilang ke Pak Bima bahwa saya ingin ke Persebaya. Kami sempat berbincang, itu terjadi waktu tim sedang latihan. Akhirnya, beliau memberi izin,” ucap Angga Saputra kepada Bola.com.

Angga sempat waswas dengan situasi yang dihadapinya. Penyebabnya, rekan setimnya Abduh Lestaluhu sempat menjadi polemik. Saat itu, Abduh menandatangani kontrak bersama dua klub sekaligus, Persebaya dan Tira Persikabo, pada Januari lalu.

Situasi itu sempat menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh kedua tim. Sampai akhirnya, Abduh diperkenalkan sebagai penggawa anyar dalam launching tim Persebaya sekaligus Tira Persikabo pada waktu yang berbeda. Namun, dia absen di acara Persebaya.

Belajar dari situ, Angga enggan melakukan penandatanganan kontrak bersama Tira Persikabo. Pada saat yang sama, dia juga belum resmi bergabung Persebaya Surabaya. Pemain berusia 26 itu akhirnya resmi menjadi bagian Bajul Ijo pada Februari silam.

2 dari 3 halaman

Lebih Dekat dengan Keluarga dan Tempat Bertugas

Latihan Timnas Indonesia
Kiper Timnas Indonesia, Angga Saputra, saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di SUGBK, Jakarta, Senin (2/9). Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Angga Saputra mulai bergabung dengan tim yang saat itu hendak melakoni partai semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Arema FC di Blitar.

“Alhamdulillah, sekarang sudah menjadi pemain Persebaya Surabaya. Saya bersyukur. Sulit menolak tawaran Persebaya, karena saya juga pernah menempa diri di klub ini,” tuturnya.

Bukan hal yang mengejutkan bila Angga sangat mengharap bergabung Persebaya. Dia tercatat memulai karier dengan bergabung PSAD, klub internal Persebaya.

Selain itu, rumahnya yang lebih dekat, berada di Sidoarjo, membuatnya bisa beraktivitas lebih luwes saat melakoni agenda bersama Persebaya. Angga juga berdinas di Pomdam V/Brawijaya, Surabaya.

Sayang, sampai sekarang Angga masih belum mendapat kesempatan tampil bersama tim arahan Aji Santoso itu.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia