Sukses


PT LIB Ajukan 7 Regulasi Baru ke PSSI untuk Kelanjutan Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - PT LIB mengajukan tujuh regulasi baru kepada PSSI untuk penerapan Shopee Liga 1 2020. Beberapa di antaranya perihal regulasi pemain U-20 dan pergantian pemain.

Jumlah pemain U-20 yang harus masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) minimal dua. Tapi, mereka tidak wajib dimainkan pada pertandingan Shopee Liga 1 2020.

"Kalau sekarang kondisinya pemain sudah ada yang masuk pemusatan latihan Timnas Idonesia U-19, karena ada beberapa klub yang bilang kekurangan pemain," ujar Direktur Utama (Dirut) LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Jadi, ada klub yang pemainnya dipakai timnas dari sekarang, tapi regulasi itu belum jadi keputusan final ya. Nanti masuk ke PSSI, PSSI nanti yang harus bikin regulasi," katanya menambahkan.

Regulasi memang tak bisa serta merta dibuat LIB lantaran peran mereka hanya sebagai operator. Segala aturan tentang kompetisi merupakan kewenangan PSSI.

Sementara itu, Shopee Liga 1 2020 rencananya akan kembali diputar mulai 1 Oktober. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu bakal berjalan lintas tahun, dan berakhir pada 29 Februari 2021.

 

Video

2 dari 2 halaman

7 Regulasi Baru

1. Penghapusan degradasi Liga 1 di akhir musim 2020.

2. Penambahan pergantian pemain menjadi 5 pemain (sesuai amandemen laws of the game 2019/2020).

3. Periode Pendaftaran Pemain tahap 2 tetap dibuka, namun tidak boleh melakukan Transfer pemain antarklub Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjang pemain dari luar klub Liga 1.

4. Kewajiban memasukkan minimal dua pemain U-20 dalam 18 nama di Daftar Susunan Pemain (DSP)

5. Penerapan protokol kesehatan.

6. Penyesuaian standar kelayakan venue pertandingan.

7. Klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan timnas Indonesia.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Serafin Unus Pasi, published 12/8/2020)

Video Populer

Foto Populer