Sukses


Terkait Serbuan Pemain Muda Brasil ke Shopee Liga 1, PT LIB Tegaskan Tidak Ada Penambahan Kuota Legiun Asing

Bola.com, Jakarta - Kedatangan beberapa pemain asing usia muda dari Brasil menyiratkan kemungkinan ada penambahan kuota pemain asing untuk Shopee Liga 1 2020.

Sebab, pemain yang tersebar di Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United FC itu masih berkewarganegaraan Brasil, walaupun rumornya bakal melalui jalur naturalisasi menjadi WNI.

Supaya isu tersebut tak berkembang semakin jauh, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Shopee Liga 1 2020 menegaskan jika tidak menambah slot atau kuota pemain asing.

Dalam regulasi kompetisi disebutkan tiap tim hanya bisa mendaftarkan tiga pemain asing non-Asia, dan satu Asia. Di Persija, kuota pemain asing sudah terpenuhi. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu memiliki Rohit Chand, Marco Motta, Marko Simic, dan Marc Klok.

Sementara di Arema FC, masih tersedia satu slot kosong setelah Jonathan Bauman mundur. Saat ini, pemain asing yang masih bertahan di tim berjuluk Singo Edan itu adalah Matias Malvino, Oh In-kyun, dan Elias Alderete.

Kemudian untuk Madura United, kuota pemain asing juga sudah penuh. Tim berjuluk Sape Kerrap itu punya Jaimerson Xavier, Jacob Pepper, Emmanuel Oti, dan Bruno Matos.

Jadi dari tiga klub tersebut, hanya Arema FC yang memungkinkan untuk menambah pemain asing. Dari slot untuk pemain asing non-Asia.

"Kuota pemain asing tetap mengacu ke regulasi Liga 1 2020 yang sebelum direvisi. Termasuk berapapun usianya tidak ada batasan, tetap pemain asing 3+1," ujar Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama (Dirut) LIB, Jumat (21/8).

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Respons PT LIB soal Kemungkinan Naturalisasi Pemain Muda Brasil

Mengenai kedatangan lima pemain asing usia muda itu di tiga klub Shopee Liga 1 2020 untuk kepentingan naturalisasi menuju Piala Dunia U-20 2021, Akhmad mengaku tidak tahu menahu.

Pihaknya juga tak mau ikut-ikutan berkomentar lebih jauh. Prinsipnya, LIB hanya menggelar kompetisi dan melaksanakan apa yang sudah disepakati dalam regulasi.

Sehingga mengenai rumor naturalisasi yang sudah dibantah PSSI itu, LIB tidak mau ikut berpolemik. "Kalau permasalahan naturalisasi itu kami tidak tahu. Bukan ranah PT LIB juga soalnya," imbuh Akhmad.

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, Published 21/8/2020)

Video Populer

Foto Populer