Sukses


Kisah OK John : Bandingkan Sepak Bola Indonesia dengan Malaysia sampai Sop Buntut

Bola.com, Jakarta - Bek senior Barito Putera, Ok John memiliki kisah menarik seputar kariernya di sepak bola. Beragam kisahnya menggeluti dunia sepak bola disampaikan dalam kanal YouTube Kang Ibi Football Channel.

Mulai dari ukuran sepatu yang ia kenakan hingga pengalamannya bermain dengan kultur sepak bola Asia Tenggara. Karena selain lama berkarier di Indonesia, OK John pernah merasakan atmosfer Liga Malaysia.

"Saya pertama main bola dari kampung halaman di Nigeria, setidaknya sampai 15 musim. Kemudian datang ke Indonesia dan sempat bermain di Malaysia," kenang bek tangguh yang musim lalu bermain di Kalteng Putra.

Ayah dari empat anak tersebut mengaku begitu menikmati karier di Indonesia. Sering berganti-ganti klub, membuatnya memutuskan untuk menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI).

Termasuk meski sempat menimba pengalaman main di Liga Malaysia, akhirnya OK John tetap kembali ke Indonesia. Meski diakuinya kualitas sepak bola kedua negara hampir sama, Indonesia masih memiliki keunggulan.

"Liga Indonesia dan Malaysia hampir sama. Bedanya penonton di Indonesia lebih banyak, atmosfer penonton lebih besar," terang pemain berusia 37 tahun.

Saking cintanya dengan negeri ini, membuat OK John sudah selayaknya seperti orang Indonesia. Bahkan termasuk urusan selera makan pun dirinya sudah seperti memiliki lidah orang Indonesia.

"Saya paling suka makanan Indonesia adalah sop buntut. Kemudian makan juga biasa saja seperti di hari pertandingan. Kalau pagi sarapan roti dan omelet, siangnya juga makan buah, nasi sedikit saja," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Keinginan Setelah Pensiun

Ok John disebut-sebut sebagai pemain belakang yang paling susah ditaklukkan. Hal itu tak lepas dari tubuhnya yang besar dan kekar, lantaran seringnya berlatih.

Termasuk di saat kompetisi rehat pun ia manfaatkan untuk berlatih demi menjaga kondisi fisik yang prima. Ok John juga menjadi pemain yang serba bisa, tidak jarang dirinya dimainkan sebagai seorang gelandang bahkan penyerang.

Meski telah dinaturalisasi dengan menjadi seorang WNI, OK John belum mendapatkan kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia. Ia mengaku menyiapkan rencana lain termasuk setelah gantung sepatu nantinya.

"Kalau sudah tidak jadi pemain lagi, saya akan tetap di Indonesia. Rencana membuka akademi untuk anak-anak Indonesia dalam bermain bola nanti," jelas OK John.

Video Populer

Foto Populer