Sukses


Wawancara Eksklusif Ricardo Salampessy: Tentang Jacksen F Tiago, Persipura, dan Kehidupan di Malang

Bola.com, Jakarta - Nama Ricardo Salampessy identik dengan lini belakang, Timnas Indonesia, dan tentunya Persipura Jayapura. Banyak hal yang telah dilalui sosok senior yang akan ber-homebase di Malang itu, mulai dari sentuhan magis Jackson F Tiago, sampai jadi saksi mata lahirnya mutiara-mutiara hitam dari Papua. 

Ricardo Salampessy telah menempuh perjalanan karier yang sangat panjang sehingga akhirnya bisa meraih titel pemain bintang di Indonesia dan selalu menjadi pemain incaran klub-klub besar serta pemain langganan timnas.

Karier profesional Ricardo Salampessy dimulai pada 2004 dengan membela Persiwa Wamena. Setalah satu musim bersama Persiwa Wamena, pemain kelahiran Ambon Maluku 18 Februari 1984 itu dipinang Persipura 2006 hingga 2013. Sempat pindah ke Persebaya 2014/2015, Ricardo Salampessy kembali kepelukan Persipura pada Tahun 2016 hingga saat ini.

Selain membela klub-klub besar, Ricardo merupakan pemain langganan timnas. Kiprah di Timnas Indonesia dimulai dengan memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada 2005 hungga 2007. Lepas itu, Ricardo sslalu mendapat panggilan Timnas Senior.

Untuk mengetahui sepak terjang Ricardo Salampessy, Bola.com berhasil mewawancari Ayah dari lima orang anak ini, Minggu (23/8/2020). Berikut petikan wawancaranya:

 

Video

2 dari 4 halaman

Persipura dan Jackson F Tiago

Bagaimana kekuatan Persipura Musim ini?

Persipura musim ini, sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Persipura musim ini sedang berproses menjadi tim yang solid bersama talenta-talenta muda tapi selalu siap memberi kejutan-kejutan di kompetisi

Apakah kehadiran Coach Jacksen F Tiago membawa oengaruh positif dan seperti apa di mata kamu sosok beliau?

Kehadiran coach Jacksen berdampak postif untuk tim Persipura itu terlihat ketika musim kemarin awal musim Persipura cukup kesulitan namun kedatangan Coach Jacksen mengubah warna permainan tim sehingga bisa berada di peringkat yang lebih baik.

Coach Jacksen sosok yang tegas tapi juga humble, dia sangat mengenal Persipura dan tahu mengeluarkan kemampuan terbaik anak-anak Papua.

Saat ini ada di posisi empat klasemen sementara, apa kunci suksesnnya?

Buah persiapan yang baik dari awal musim,sehingga bisa menempatkan Persipura berada di peringkat 4 klasemen sementara dan tim sangat solid.

Bagaimana prediksi anda soal persaingan pada lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 nanti?

Persaingan musim ini lebih ketat. Dulu hanya 2-3 tim saja yang bersaing. Sekarang cukup banyak tim yang bersaing ke papan atas.

Apa yang harus diperhatikan agar Persipura tetap di papan atas?

Konsistensi. Kami harus konsisten dalam setiap penampilan.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Masalah Ber-homebase di Malang

Bagaimana pendapat kamu soal homebase di Malang?

Pilihan terbaik dari menejemen untuk Persipura karena pasti sudah dipertimbangkan secara matang memilih Malang sebagai homebase.

Ada beberapa aturan yang akan diterpakan di lanjutan Shopee Liga 1 nanti, apa tanggapan kamu?

Jujur pertandingan tanpa suporter terasa berbeda, tapi untuk kebaikan bersama itu keputusan yang terbaik. Protokol kesehatan juga hal yang penting sekali, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Away dengan bus pasti akan melelahkan tapi Persipura sudah biasa dalam melakukan perjalanan yang jauh. Semoga saja jadwal pertandingan lebih bersahabat dengan kondisi yang ada agar recovery pemain lebih baik.

Sekarang sudah berlatih bersama kembali, apakah ada kendala adaptasi?

Tidak ada kendala berarti dalam latihan perdana. Karena kami sudah merindukan kehidupan sepak bola jadi yang ada semangat apalagi tidak ada materi latihan yang baru.

Waktu persiapan tinggal 1 bulan, beberapa hari, apakah menurut kamu cukup?

Untuk hal ini tim pelatih pasti sudah punya rencana dan sudah berhitung. Karena dari pemain sendiri ketika libur kemarin tetap melakukan aktivitas latihan mandiri. Jadi tidak perlu mulai dari awal lagi.

4 dari 4 halaman

Rahasia Persipura Lahirkan Bintang Sepak Bola Tanah Air

Persipura selalu mencetak para pemain muda berkualitas, menurut kamu apa yang dilakukan Persipura agar bisa mencetak pemain muda berkualitas?

Persipura selalu memberikan kesempatan kepada pemain muda potensial untuk bermain,dari situ mereka berkompetisi karena itu akan memberi pengalaman dan kepercayaan diri. Dan satu lagi, kompetisi internal Persipura, akan sangat membantu mengorbitkan pemain-pemain muda berkualitas

Akan tinggal lama di Malang, bagaimana melepas kangen sama keluarga di Jayapura? Apakah ada rencana untuk mendatangkan mereka ke Malang?

Cara terbaik lewat telpon dan video call.

Bagaimana Malang menurut kamu? Apa yang dilakukan selain berlatih bersama tim, untuk menghilangkan kejenuhan?

Malang bukan tempat yang asing karna sering melakukan TC di malang jadi cocok lah. Kebiasaan menghilangkan kejenuhan biasanya saya bermain kartu bersama teman-teman atau bermain game bareng seperti Ludo atau PUBG.

Target bersama Persipura?

Selalu ingin membawa Persipura berprestasi di kompetisi Liga 1 dah berharap bisa membawa Persipiura ke turnamen Asia lagi.

Bagaimana ceritanya kamu bisa mencintai sepak bola. Dan apa arti sepak bola untuk kehidupan kamu?

Pertamanya almarhum ayah saya yang mengenalkannya. Sepakbola cukup penting bagi hidup saya. Karena sepakbola adalah tujuan hidup saya dari masih anak-anak. Banyak hal yang saya korbankan untuk sepak bola

Tim favorit kamu dan pemain idola?

AC Milan, pertama kali menyukai tim sepak bola ini karna ada trio Belanda. Pemain idola, Paolo Maldini, dia pemain yang mempunyai ketenangan, reading the game dan timing dia dalam bermain adalah yang terbaik.

Makanan dan minuman favorit kamu apa?

Papeda. Makanan paling nikmat dan sehat yang pernah ada dan paling saya sukai. Minuman dulu suka jus tapi sekarang lebih memilih air putih.

Apa rencana kamu setelah pensiun? Apakah ada rencana buka usaha atau menjadi pelatih?

Belum ada rencana kalau untuk usaha, tapi kalau ada peluang pasti di coba. Doakan saja, saya sedang ke arah sana (meniti karir sebagai pelatih).

Video Populer

Foto Populer