Sukses


Menanti Ledakan Persipura di Lanjutan Shopee Liga 1: Makin Matang bersama Jacksen Tiago

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura kembali menjadi tim yang menakutkan. Setelah kehabisan bensin, tim berjulukan Mutiara Hitam ini berhasil meramaikan persaingan menuju tangga juara pada musim lalu. 

Persipura Jayapura mengakhiri Liga 1 2019 di peringkat kedua, setelah lama terseok-seok di papan tengah. Kedatangan Jacksen Tiago menjadi kunci kemonceran Mutiara Hitam.

Jacksen memang merupakan figur yang tepat untuk Persipura Jayapura. Pelatih asal Brasil itu meraih tiga gelar Liga Indonesia bersama Mutiara Hitam pada 2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013.

Kembali ke Persipura Jayapura pada putaran kedua Liga 1 2019 setelah dua musim memoles Barito Putera, Mutiara Hitam langsung dibawanya melesat ke papan atas.

Seperti musim lalu, skuad Mutiara Hitam tidak terlalu mewah. Persipura Jayapura masih mengandalkan banyak putra daerah plus pemain asing kelas dua di kancah sepak bola Indonesia.

Nama-nama seperti Boaz Solossa, Ian Kabes, Ricardo Salampessy, dan Dede Sulaiman masih mengisi pos pemain lokal Persipura Jayapura. Sedangkan Arthur Cunha, Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, dan Sylvano Comvalius, menghuni slot legiun asing Mutiara Hitam.

Persipura Jayapura telah memulai persiapan untuk menyambut kelanjutan Shopee Liga 1 pada 21 Agustus 2020 dengan menggelar pemusatan latihan di Batu, Malang. Latihan tersebut tidak dihadiri oleh Cunha dan Comvalius.

Belakangan, Comvalius memilih untuk mengundurkan diri dari Persipura Jayapura. Alhasil, Mutiara Hitam akan melanjutkan kompetisi dengan penyerang lokal.

"Anda mungkin baru tahu sekarang soal Comvalius. Tapi saya sudah tahu sebulan sebelumnya. Karena kami terus berdiskusi dengan Comvalius soal keputusan yang akan ditempuhnya. Sejak itu, saya mengasah otak bagaimana merancang skema main Persipura tanpa Comvalius nanti," tutur Jacksen.

"Sisa musim nanti kami hanya kehilangan Comvalius. Padahal saat lawan Persebaya, kondisi kami lebih parah. Ada lima pemain absen, seperti Comvalius, Arthur Cunha, Ian Kabes, Boaz Solossa, dan Ricardo Salampessy. Jadi dalam waktu dekat, saya belum berpikir cari pengganti Comvalius," ujar Jakcsen.

Untuk melanjutkan Shopee Liga 1, Persipura Jayapura akan bermarkas di Malang. Tidak perlu meragukan semangat anak-anak Mutiara Hitam saat bermain jauh dari Papua. Buktinya pada musim lalu, Persipura Jayapura mampu menjadi runner up Shopee Liga 1 sebagai tim musafir dengan berkandang di Tenggarong maupun di Sidoarjo.

Video

2 dari 5 halaman

Lini Belakang Rentan

Bakal rentan bagi Persipura Jayapura jika Cunha tidak kunjung bergabung. Pasalnya, Mutiara Hitam hanya akan mengandalkan pemain lokal di lini pertahanan.

Saat kompetisi belum vakum, Jacksen memainkan Donni Monim dan Israel Wamiau sebagai benteng lini pertahanan. Keduanya diapit oleh Yustinus Pae di sisi kanan dan David Rumakiek pada sisi kiri.

Namun, Jacksen masih memiliki bek veteran semodel Ricardo Salampessy untuk melapis pasangan Monim dan Wamiau di benteng pertahanan. Masih ada pula Muhammad Tahir yang bisa ditarik ke belakang.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah, Magis Thiago Amaral

Lini tengah Persipura Jayapura kini tidak semewah dulu lagi. Namun, nama-sama seperti Thiago Amaral, Takuya Matsunaga, Ian Kabes hingga Muhammad Tahir tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jacksen masih akan mengandalkan Amaral sebagai jenderal lapangan tengah Persipura Jayapura. Gelandang asal Brasil itu tercatat sebagai top scorer sementara tim untuk sementara dengan torehan dua gol dari tiga pertandingan.

Adapun, Matsunaga akan menjaga keseimbangan lini tengah berkat kemampuan bertahan dan menyerangnya yang sama baiknya. Sedangkan Tahir, diplot sebagai pemutus serangan lawan.

4 dari 5 halaman

Lini Depan, Pembuktian Todd Ferre

Tanpa Comvalius, lini depan Persipura Jayapura akan dikuasai pemain lokal. Wajah-wajah muda semodel Todd Ferre dan Gunansar Mandown akan mendapatkan kesempatan bermain lebih besar.

Selain itu, masih ada Boaz Solossa dan Ferinando Pahabol sebagai penyerang berpengalaman di dalam skuad.

Belum lagi kembalinya Marinus Wanewar dari cedera panjangnya. Ketajaman lini depan Persipura Jayapura tidak perlu dikhawatirkan tanpa Comvalius sekalipun.

"Kami mengembalikan feeling ball, lalu tembakan, dan lainnya. Marinus pemain yang bagus," kata Jacksen.

Perhatian besar akan menyasar terhadap Todd Ferre. Pemain berusia 21 tahun ini bakal membuktikan kepada pelatih Shin Tae-yong bahwa tidak memanggilnya ke Timnas Indonesia merupakan kesalahan besar.

5 dari 5 halaman

Skuad Persipura 2020

Kiper: Dede Sulaiman, Gerri Mandagi, Mario Londok, Fitrul Dwi Rustapa

Belakang: Donni Monim, David Rumakiek, Yustinus Pae, Evraim Awes, Valentino Telaubun, Ricardo Salampessy, Imanuel Rumbiak, Ahmad Yani Yabkenyanan, Israel Wamiau, Arthur Cunha, Wulf Horota

Gelandang: Fridolin Yoku, Muhammad Tahir, Patrick Womsiwor, Brian Fatari, Takuya Matsunaga, Yosse Maniagasi, Thiago Amaral, Ian Kabes, Theo Fillo Numberi

Penyerang: Boaz Solossa, Gunansar Mandowen, Todd Ferre, Ferinando Pahabol, Todd Ferre

Pelatih: Jacksen Tiago

Video Populer

Foto Populer