Sukses


Shopee Liga 1: PT LIB Akan Larang Selebrasi Berbahaya, Termasuk Berpelukan

Bola.com, Jakarta - Demi menghindari kondisi yang tidak diinginkan, para pemain Shopee Liga 1 2020 disarankan untuk tidak berlebihan dalam merayakan gol. Pelukan dengan rekan setim pun tidak dianjurkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

PT LIB akan kembali memutar Shopee Liga 1 pada 1 Oktober 2020. Kompetisi bakal dimulai pada pekan keempat dan berpusat di Pulau Jawa. Demi kelangsungan hajatan besar ini, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa pihaknya banyak mempelajari peraturan kompetisi di Eropa ketika merumuskan protokol kesehatan untuk Shopee Liga 1. Namun, kurang dari sebulan sebelum kompetisi dimulai, pedoman tersebut tidak kunjung dirilis.

"Soal protokol kesehatan, prinsipnya sama. Misalnya, saat selebrasi gol. Pemain tidak boleh melakukan aksi yang membahayakan. Termasuk berpelukan," ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita pada acara Corner Six Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

"Di kompetisi Eropa, awalnya begitu. Namun lama-lama, tidak bisa dihindarkan karena mereka, para pemain, merasa aman. Kami juga mengubah regulasi pergantian pemain. Dari tiga pemain menjadi lima pemain," ucapnya.

Video

2 dari 2 halaman

Apa Hukumannya?

Namun, para pemain Shopee Liga 1 tidak perlu cemas. Pasalnya, PT LIB tidak menyiapkan hukuman bagi para pelanggar protokol kesehatan, termasuk selebrasi yang masuk kategori bahaya.

"Intinya tidak ada hukuman. Kami berharap prosedur nanti sebelum bertanding, sudah ada laporan dari tim masing-masing. Di hotel tempat menginap, pun wajib menyediakan ruang isolasi sebanyak dua kamar. Kami tidak ingin menjatuhkan sanksi, namun kami mengutamakan pencegahan," jelas Lukita.

Adapun, lanjutan Shopee Liga 1 akan dibuka oleh partai PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya pada pekan keempat, 1 Oktober 2020. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Video Populer

Foto Populer