Sukses


Piala AFC U-16 2020 dan Piala AFC U-19 2020 Resmi Ditunda

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengambil keputusan untuk menunda Piala AFC U-16 2020 dan Piala AFC U-19 2020. Presiden AFC, Salman bin Ibrahim Al Khalifa, menyebut keputusan ini merupakan yang terbaik untuk semua pihak.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC yang diadakan secara virtual pada Kamis (10/9/2020). AFC menilai pihaknya tidak siap untuk menggelar Piala AFC U-16 dan Piala AFC U-19 dalam situasi pandemi seperti ini.

Pertimbangannya adalah faktor kesehatan, keamanan, dan keselamatan pemain yang menjadi prioritas. Sehingga, keputusan untuk menunda dua event tersebut diambil dan diyakini menjadi yang terbaik untuk semua pihak.

"Komite Eksekutif AFC menyadari pandemi telah memengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi. Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan Piala AFC U-16 dan AFC U-19 yang dijadwalkan digelar di Bahrain dan Uzbekistan ditunda hingga awal 2021," bunyi pernyataan seperti dikutip dari situs resmi AFC.

Salman bin Ibrahim Al Khalifa menyebut pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia memberikan dampak signifikan terhadap sepak bola. Pria asal Bahrain itu berharap adanya pandemi ini makin mengukuhkan tali persaudaraan antarnegara anggota AFC.

"Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepak bola dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah itu untuk memastikan kesejahteraan semua pihak. Saya yakin dengan persatuan dan solidaritas yang dimiliki para anggota AFC, kita semua dapat mengatasi tantangan ini," tegas Salman.

Dengan demikian, tidak ada lagi agenda untuk tim nasional seluruh level usia pada akhir 2020. Sebelumnya, AFC juga sudah menunda penyelenggaraan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Menebak Nasib Timnas Indonesia U-19 dan U-16

Keputusan AFC untuk menunda Piala AFC U-16 dan Piala AFC U-19 tentu berdampak pada persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia. Kemungkinan besar, Timnas U-16 akan dibubarkan sementara waktu sampai ada tanda-tanda kembali digelarnya Piala AFC U-16.

Adapun Timnas Indonesia U-19 saat ini masih berada di Kroasia untuk melakukan pemusatan latihan. Pasukan Shin Tae-yong diyakini tetap akan melanjutkan agenda pemusatan latihan di Kroasia.

Bahkan, PSSI sedang melobi Spanyol dan Portugal untuk meminta izin menggelar pemusatan latihan di negara tersebut. Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan ke satu dari dua negara tersebut untuk mematangkan persiapan.

Video Populer

Foto Populer