Sukses


Terobosan dan Inovasi EMTEK agar Shopee Liga 1 2020 Tetap Semarak, Seperti di Kompetisi Eropa

Bola.com, Jakarta - Lanjutan Shopee Liga 1 2020 dipastikan tertutup untuk penonton di stadion. Meski begitu, Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Group selaku official broadcaster free to air (FTA) dan over-the-top (OTT) kompetisi berjanji akan membuat pertandingan tetap berlangsung semarak.

"Shopee Liga 1 tidak ada penonton. Untuk membuat kompetisi tetap seru, kami sudah menyiapkan editing saat siaran langsung sehingga pertandingan tetap berjalan meriah dan menarik untuk seluruh penonton di rumah," kata Direktur Programming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad, dalam konferensi pers lanjutan Shopee Liga 1, Jumat (11/9/2020).

EMTEK terinspirasi kompetisi di luar negeri, terutama di Eropa, yang juga berlangsung tanpa penonton tapi tidak terlihat membosankan. Nyanyian suporter dan berbagai tampilan visual lain akan menjadi bumbu-bumbu pertandingan ketika disiarkan langsung oleh Indosiar, O Channel, dan Vidio.

"Kami melihat kompetisi yang ada di luar negeri, juga tanpa penonton. Kami juga melihat NBA yang tanpa penonton, tapi bisa membuat tayangan itu tetap ramai seperti ada penonton. Saat ini yang kami persiapkan adalah masing-masing klub, kami persiapkan bagaimana visual saat mereka mencetak gol, bagaimana yel-yel suporter, bagaimana kalau ada tepuk tangan, dan sebagainya bisa menggelegar saat siaran langsung," jelas Harsiwi.

"Itu nanti akan kami rekam semua. Kemudian nanti saat siaran langsung, kami akan masukan suara-suara sehingga akan meriah dan mewakili perasaan penonton Shopee Liga 1 yang menyaksikan dari rumah," imbuhnya.

Video

2 dari 2 halaman

Matangkan Persiapan

Harsiwi menambahkan, saat ini pihaknya bersama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) tengah mematangkan terobosan baru tersebut. Selain itu, masih ada lagi sejumlah inovasi yang akan dibuat EMTEK untuk memanjakan mata penikmat Shopee Liga 1 dari televisi.

"Kami juga sudah berdiskusi dengan PT GTS bagaimana membuat gambar-gambar, meski tidak ada penonton di lapangan. Lalu ekspresi pemain yang bermain dan juga yang ada di bangku cadangan. Lalu eskpresi pelatih agar lebih menarik dan menjadi hidup. Semuanya tentu akan mewakili perasaan penonton yang menyaksikan dari televisi," jelas Harsiwi.

"Memang rumit bagi kami. Tapi, harus kami lakukan. Maka dari itu, kami akan siasati meski akan sulit dan membuat kami harus ekstra upaya untuk melakukan itu. Kami akan lakukan," terang Harsiwi.

Video Populer

Foto Populer