Sukses


Shopee Liga 1: Kompetisi 5 Bulan Tanpa Libur, Pemain Terancam Jadi Bang Toyib

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menetapkan lanjutan Shopee Liga 1 2020 berlangsung selama lima bulan. Dimulai dari 1 Oktober 2020-28 Februari 2021. Agar tidak memakan waktu yang lebih lama, kompetisi digelar hampir tanpa libur panjang.

PT LIB juga memusatkan Shopee Liga 1 di Pulau Jawa. Bagi tim non Pulau Jawa, diharuskan berkandang di Pulau Jawa selama lima bulan. Mayoritas tim memilih mengungsi ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan dua stadion yang tersedia, Stadion Maguwoharjo, Sleman dan Stadion Sultan Agung, Bantul.

Untuk peserta dari luar Pulau Jawa, para pemain terancam menjadi Bang Toyib. Sebab, tim-tim tidak berkesempatan kembali ke wilayahnya karena kompetisi berjalan tanpa jeda. Apa yang akan dialami oleh Persiraja Banda Aceh, misalnya.

Bang Toyib adalah istilah yang merujuk kepada seseorang, terutama seorang suami, yang meninggalkan keluarganya dan tidak kembali dalam tempo yang lama.

Merujuk jadwal, Miftahul Hamdi dan kawan-kawan tidak punya cukup waktu senggang untuk pulang ke Banda Aceh karena mayoritas tiap tim, termasuk klub Pulau Jawa pun, bisa enam kali bertanding selama sebulan.

Agar kerinduan tidak membuncah, sejumlah pemain dikabarkan turut memboyong keluarganya ke Pulau Jawa ketika kompetisi berlangsung. Untungnya, PT LIB memahami dan tidak melarang cara tersebut.

"Kami juga sudah berdiskusi dengan berbagai klub yang akan datang ke Pulau Jawa. Dari diskusi dan komunikasi yang tidak resmi, saya mendengar ada yang mendatangkan keluarganya ke homebase di Pulau Jawa," kata Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB pada konferensi pers lanjutan Shopee Liga 1, Jumat (11/9/2020).

Video

2 dari 2 halaman

Bisa Pulang atau Tinggal Selama 5 Bulan?

Ketika kompetisi dijalankan, para pemain bak terisolasi. Terutama bagi tim yang berasal dari luar Pulau Jawa. Bagaimana bisa pulang ke rumah jika hanya mendapatkan libur sehari sampai dua hari setelah bertanding?

Sesungguhnya, PT LIB tidak melarang para pemain untuk kembali ke rumahnya ketika Shopee Liga 1 berjalan. Namun, pemain bakal berlomba dengan waktu. Dengan jumlah hari libur yang tidak seberapa, pemain harus melalui perjalanan jauh untuk pulang ke rumah.

"Soal mereka bisa kembali ke wilayahnya atau tidak, kami belum tahu karena masing-masing klub punya rencana sendiri. Satu di antara hal yang paling menarik itu, keluarganya akan didatangkan ke homebase di Pulau Jawa," ucap Lukita.

Video Populer

Foto Populer