Shopee Liga 1: Madura United Resmi Melepas Emmanuel Oti

Oleh Aditya Wany pada 11 Sep 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 11 Sep 2020, 21:00 WIB
Emmanuel Oti (Madura United)
Penyerang sayap berpaspor Ghana milik Madura United, Emmanuel Oti. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Bangkalan - Madura United secara resmi melepas satu pemain asing menjelang bergulirnya lanjutan Shopee Liga 1 2020, yakni penyerang sayap asal Ghana, Emmanuel Oti Essigba. 

“Mengenai Emmanuel Oti Essigba, sudah dipastikan tidak lagi membela tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini,” demikian bunyi pernyataan dari situs web resmi Madura United.

Selain Oti, Madura United juga kehilangan striker Alberto “Beto” Goncalves yang dipinjamkan ke Sriwijaya FC. Kehilangan dua pemain tersebut membuat stok penyerang yang tersisa semakin berkurang. 

Rahmad Darmawan tetap menaruh harapan besar terhadap Bruno Matos. Penyerang asing yang sempat mengikat kontrak dengan Madura United itu, diproyeksikan mengisi posisi striker yang ditinggalkan Beto. 

Klub masih menunggu kedatangan Bruno untuk memastikan renegosiasi kontrak bersama. Sebab, wabah COVID-19 yang berdampak pada penghentian kompetisi ini, membuat setiap tim harus menangguhkan kontrak yang diikat pada awal musim. 

“Saya rasa untuk stok pemain yang ditinggal, Beto di striker dan Oti di penyerang sayap. Kalau Bruno (Matos) tinggal menunggu kehadiran,” ucap pelatih yang akrab disapa RD itu.

Tanpa Oti, RD tidak risau. Madura United masih punya tiga pemain lain di posisi penyerang sayap. Mereka adalah Haris Tuharea, David Laly, dan Kevy Syahertian.

2 dari 3 halaman

Melihat Situasi

Liga 1 2019 :  Bhayangkara FC Vs Madura United
Bek Madura United, Jaimerson Xavier, melakukan selebrasi usai membobol gawang Bhayangkara FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (5/8). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Posisi striker juga tidak mengkhawatirkan karena tim Laskar Sape Kerap itu memiliki Rifaldi Bawuoh dan Greg Nwokolo. 

Situasi ini membuat klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu hanya memiliki tiga pemain asing tersisa saja. Mereka adalah gelandang Jacob Pepper (Australia) dan duo pemain asal Brasil, stopper Jaimerson Xavier serta gelandang Bruno Matos.

Namun, para pemain impor itu masih belum muncul dalam latihan bersama Slamet Nurcahyo dkk. sejak tiga pekan terakhir. Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, telah menyebutkan bahwa mereka terkendala administrasi.

Rahmad Darmawan belum membuat keputusan apakah akan mendatangkan pemain asing baru untuk mengisi slot yang ditinggal oleh Oti. 

“Kami masih mau melihat kebutuhan kami nantinya. Kami belum bisa memastikan, tapi sementara fokus dengan materi yang ada,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓