Sukses


Shopee Liga 1: Madura United Kalah dari Tim Liga 2, RD Beri Apreasiasi Meski Jauh dari Harapan

Bola.com, Jakarta - Madura United gagal memetik kemenangan saat melakoni laga uji coba melawan tim kontestan Liga 1 2020. Laskar Sape Kerap dipaksa takluk 1-3 oleh PS Hizbul Wathan dalam pertandingan di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat sore (11/9/2020).

Hasil ini tentu saja mengejutkan. Di atas kertas, Madura United seharusnya bisa berbuat banyak melawan tim yang berada di kompetisi satu kasta di bawahnya. Namun, tim asal Pulau Garam itu memang menurunkan semua pemain lokal tanpa pemain asing.

“Saya mengapresiasi kerja anak-anak untuk semaksimal mungkin. Dengan kondisi yang ada, mereka mencoba untuk melakukan cara bermain dengan menunggu pemain lawan di sepertiga lapangan tengah, sesuai instruksi, mencoba menekan,” ucap Rahmad Darmawan, pelatih Madura United.

Hasil ini menjadi kekalahan pertama Madura United dalam laga uji coba sebagai persiapan Shopee Liga 1 2020. Sebelumnya, mereka berhasil menang 1-0 kontra Palapa Arosbaya dan bermain imbang 2-2 melawan Tim PON Jawa Timur.

Pelatih yang akrab disapa RD itu bakal mengevaluasi hasil permainan anak asuhnya yang kurang sesuai harapan. Meski demikian, aristek berusia 53 tahun itu melihat kekalahan yang terjadi pada anak asuhnya ini merupakan hal yang biasa.

"Tentu hasil ini sangat jauh dari harapan saya. Kalau dilihat grafik dari penampilan uji coba pertama hingga pertandingan ini, terjadi penurunan," ungkap mantan pelatih Tira Persikabo, Sriwijaya FC, dan Persija Jakarta itu.

"Penurunannya ini, buat saya, merupakan sesuatu yang bisa terjadi dan biasa. Program kami dalam tiga minggu ini overload, karena pembebanan latihan penguatan yang lebih dominan," tutur pria yang juga menjabat manajer tim Madura United tersebut.

 

Video

2 dari 2 halaman

Jadi Bahan Evaluasi

Kekalahan ini justru menjadi pelajaran buat Madura United dan mengetahui sejauh mana kesiapan mereka untuk kembali tampil dalam kompetisi kasta teratas.

"Buat saya, kami tetap harus mengambil pelajaran penting. Dengan lawan yang mempunyai kecepatan, kami harus seperti apa yang kami latihan. Saya rasa akan banyak sekali tim seperti ini," kata RD.

Video Populer

Foto Populer