Sukses


PT LIB Larang Persib Naik Pesawat, Robert Alberts Pusing karena Gunakan Bus Saat Bertandang di Shopee Liga 1

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, tidak berjanji dapat mengawali lanjutan Shopee Liga 1 2020 dengan mulus. Sebab, tim berjulukan Pangeran Biru itu harus menempuh perjalanan darat selama belasan jam untuk bermain melawan Madura United dan Barito Putera.

Persib Bandung akan memulai kembali kompetisi dengan menantang Madura United di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, 4 Oktober 2020. Untuk sampai ke sana dari Kota Kembang, Febri Hariyadi dan kawan-kawan akan menghabiskan waktu sekitar 9 jam dan 775 km di dalam bus berdasarkan perkiraan dari Google Maps.

Sesudah itu, Persib Bandung mesti melanjutkan perjalanannya ke Stadion Maguwohajo, Sleman, untuk menghadapi Barito Putera pada 10 Oktober 2020. Skuad Pangeran Biru akan menempuh 332 km dengan durasi perjalanan sekitar lima jam.

Dari Sleman, Persib Bandung mesti buru-buru pulang ke Kota Kembang karena harus menjamu Persita Tangerang pada 14 Oktober 2020 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Untuk sampai di kampung halaman, skuat Pangeran Biru akan melalui perjalanan 551 km yang memakan waktu sekitar delapan jam.

Ada pertanyaan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) apakah Persib Bandung diperbolehkan untuk menggunakan transportasi udara, khususnya bekerja sama dengan maskapai penerbangan setiap kali menyambangi markas tim lawan. Opsi tersebut dengan tegas dilarang.

"Beberapa klub mengalami hal yang sama. Dari sekian puluh pertandingan, sejumlah peserta akan melakukan perjalanan dengan memakan waktu yang panjang. Kami berharap para pemain bisa memaksimalkan recovery dalam setiap jeda pertandingan. Kalau ada tim kerja sama dengan maskapai penerbangan? Kami melihat transportasi udara belum stabil. Jadi tidak mungkin," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

PT LIB memang melarang setiap tim, termasuk Persib Bandung, untuk menggunakan transportasi udara selama mengarungi kompetisi. Semua klub harus menempuh perjalanan via jalur darat. Untuk mengakomodasi kebijakan ini, PT LIB mempersiapkan dua bus untuk masing-masing tim setiap kali menjalani perjalanan tandang. Bus tersebut dipinjamkan secara gratis.

Video

2 dari 2 halaman

Persib Pesimistis

Robert pesimistis Persib Bandung bisa mendulang hasil maksimal di awal kelanjutan Shopee Liga 1. Sebab, pelatih asal Belanda itu tidak bisa menjamin kondisi fisik skuat Pangeran Biru tidak drop setelah menempuh perjalanan darat selama belasan jam.

"Kami tidak akan melakukan simulasi perjalanan dengan berkendaraan selama 15 jam. Kami hanya bersiap semampu kami saja. Kami harus pergi menuju Surabaya dan perhitungannya akan memakan waktu 12 jam menggunakan bus. Kami akan menggunakan dua bus dan satu mobil, karena kami harus membawa peralatan. Setelah itu Persib akan ke Surabaya menuju Sleman dengan waktu tempuh sekitar empat sampai lima jam," imbuh Robert.

"Jadi ini akan menjadi perjalanan panjang untuk dua pertandingan dan kami akan berada 11 hari di luar Bandung. Ketika kembali, tentu kami kelelahan karena langsung bertanding lagi di kandang. Jadi itu akan sangat berdampak pada kompetisi dan hasil akhir. Tapi kami harus sangat siap untuk itu," tutur mantan arsitek PSM Makassar itu.

Video Populer

Foto Populer