Sukses


Alasan Utama Klub Shopee Liga 1 2020 Dilarang Naik Pesawat saat Melakoni Laga Tandang

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya buka suara soal larangan klub peserta Shopee Liga 1 2020 menggunakan transportasi udara saat melakoni laga tandang. Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyebut penggunaan pesawat berpotensi menimbulkan masalah baru dalam penerapan protokol kesehatan.

PT LIB mewajibkan semua klub peserta Shopee Liga 1 2020 untuk menggunakan transportasi darat saat melakoni laga tandang. PT LIB sudah akan menyediakan bus demi memudahkan mobilitas dari klub-klub.

Peraturan tersebut mendapatkan kritikan dari klub-klub peserta. Penggunaan transportasi darat dianggap membuat perjalanan menjadi lebih lama dan menguras stamina para pemain.

Namun, Akhmad Hadian Lukita berdalih keputusan ini sudah yang terbaik. Menurut Ahmad Hadian, penggunaan pesawat saat pandemi seperti saat ini sangat berisiko.

"Memang benar ada klub yang protes. Pastinya sekian puluh pertandingan tentu memakan waktu yang panjang dalam perjalanan. Proses recovery-nya juga harus lebih panjang. Akan tetapi, transportasi darat yang paling memadai dari segi protokol kesehatan dan jadwal," kata Akhmad Hadian Lukita.

"Itu yang kami harapkan kepada klub. Kami melihat transportasi udara belum stabil karena bisa saja pesawat tujuan kota tertentu nanti tidak ada penerbangan. Ini akan memengaruhi jadwal," tegas Akhmad Hadian Lukita.

Adanya rual Tol Trans Jawa diharapkan bisa memudahkan mobilitas klub Shopee Liga 1 2020 saat melakoni laga tandang. Perjalanan darat yang panjang bisa dipersingkat melalui jalan tol tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tandang Terjauh

Perjalanan tandang terjauh pada lanjutan Shopee Liga 1 2020 akan dilakukan Persita Tangerang dan Persipura Jayapura. Persita memilih bermarkas di Stadion Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, sedangkan Persipura bermarkas di Stadion Gajayana, Malang.

Saat kedua tim bertemu nanti akan menjadi perjalanan tandang terjauh dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Persita dan Persipura akan melakoni perjalanan darat hampir 900 km dari Tangerang ke Malang atau sebaliknya saat keduanya bertemu.

Pada pertemuan pertama, Persipura Jayapura lebih dulu menjamu Persita di Gajayana pada laga pekan ke-11 yang berlangsung pada Kamis (5/11/2020). Adapun pertemuan kedua terjadi di Stadion Sport Center pada 31 Januari 2021.

Video Populer

Foto Populer