Sukses


Spiritual ala Persela: Sowan ke Kiai dan Pesantren Jelang Bertarung di Shopee Liga 1

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan mengadakan kunjungan ke dua pondok pesantren di Lamongan, Sabtu (12/9/2020). Ini menjadi tradisi klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu sebelum tampil dalam kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Pertama, mereka mendatangi KH Aziz Choiri, pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al Ma’ruf. Aziz Choiri juga merupakan Ketua MUI Lamongan dan kiai sepuh di Kota Soto. Berikutnya, rombongan Persela berkunjung ke Pondok Pesantren Sunan Drajat asuhan KH Abdul Ghofur.

Dalam kunjungan ini, pelatih Nilmaizar dan CEO Yuhronur Efendi turut dalam rombongan. Tak ketinggalan ada lima pemain yang jadi perwakilan pula. Di antaranya adalah Eky Taufik, Birrul Walidain, Riyatno Abiyoso, Sugeng Efendi, hingga Reky Rahayu. 

Mereka meminta doa kepada para kiai sepuh itu agar Persela melakoni kompetisi dengan lancar. 

“Ini sudah jadi tradisi Persela sebelum memulai kompetisi. Sebelumnya juga begitu, hanya saja tidak disorot. Bagi kami, bertemu dengan dua tokoh di Lamongan itu perlu untuk mengikat tali silaturahmi,” ucap Andika Hangga, media officer Persela, kepada Bola.com.

Persela selama ini memang dekat dengan dunia pesantren. Dua musim sebelumnya, mereka biasanya menggelar acara bertajuk “Persela Berselawat” sebelum digelarnya kompetisi. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Doa Bersama

Dalam acara itu, biasanya para kiai di Lamongan turut diundang dan berdoa bersama. Masyarakat Lamongan juga hadir untuk memanjatkan harapan demi prestasi klub kebanggaan mereka.

Acara “Persela Berselawat” juga dibarengi dengan launching tim yang memperkenalkan skuat musim tersebut. Sayang, pandemi COVID-19 membuat Persela tidak bisa melanjutkan acara seperti itu pada tahun itu. 

“Kami sudah sepakat untuk tidak ada launching tim. Kondisinya masih seperti ini, makanya kami mendatangi langsung kiai-kiai sepuh. Setiap tahun, kunjungan kami juga bisa berbeda-beda,” imbuh Andik Hangga. 

Persela bakal berjumpa Persik Kediri pada pekan keempat dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Mereka menjamu tamunya di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (3/10/2020).

Video Populer

Foto Populer