Persebaya Kebobolan 3 Gol Saat Uji Coba, Aji Santoso Bakal Evaluasi Tim Jelang Shopee Liga 1 2020

Oleh Aditya Wany pada 16 Sep 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 16 Sep 2020, 18:45 WIB
Latihan Persebaya Surabaya
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, berdiskusi dengan Mustaqim saat latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School, Yogyakarta, Rabu (23/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Liga 1 2020. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya kembali mencatat kemenangan dalam laga uji coba jelang kembali berkompetisi di Shopee Liga 1 2020. Setelah menang 11-0 atas Bintang Timur, Bajul Ijo menundukkan Tim PON Jawa Timur di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (15/9/2020).

Laga itu berkesudahan dengan skor 5-3 untuk Persebaya Surabaya. Lima gol tim Bajul Ijo disumbang oleh Patrich Wanggai (11’), Mahmoud Eid (37’, 41’), Irfan Jaya (59’), dan Oktafianus Fernando (71’). Sedangkan tiga gol tim PON Jatim diborong oleh Muhammad Faisol Yunus pada menit ke-31, ke- 79 dan ke-88.

Kebobolan tiga gol membuat pelatih Persebaya, Aji Santoso, menaruh perhatian lebih terhadap penampilan anak asuhnya. Dia memandang para pemainnya sempat menganggap remeh tim lawan.

“Sebenarnya kami menguasai jalannya pertandingan, hanya saja pada menit-menit akhir pertandingan anak-anak agak sedikit turun. Sedikit meremehkan saya lihat, jadi lebih banyak ditekan. Tapi, secara keseluruhan memang ini bisa dikatakan uji coba yang sedikit resmi,” ucap Aji Santoso.

Keberhasilan Persebaya Surabaya meraih kemenangan ini tidak serta merta membuat pelatih asli Malang itu berpuas diri. Dia bakal melakukan evaluasi terhadap anak asuhnya.

2 dari 3 halaman

Evaluasi Menyeluruh

Aji Santoso
Aditya Wani

Tiga gol yang bersarang ke gawang Persebaya Surabaya menjadi pertanda kurang kompaknya barisan pertahanan. Namun, Aji bakal melakukan evaluasi menyeluruh di semua lini.

“Semuanya akan saya evaluasi, baik pertahanan, gelandang maupun penyerangan. Terutama juga pada menit-menit akhir, konsentrasi dan fokus pemain tidak boleh turun,” imbuh pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Sentuhan bola para pemain juga perlu perbaikan. Skuat Persebaya memang sudah lima bulan tidak merasakan lagi atmosfer pertandingan. Namun, sekarang mereka perlu kembali memeragakan gaya permainan khas Bajul Ijo seperti biasanya.

“Kami akan sesegera mungkin mengembalikan sentuhan pemain seperti dulu. Nanti kami akan melakukan beberapa uji coba lagi,” ujar Aji Santoso.

Aji Santoso hanya memiliki waktu selama dua pekan untuk semakin mematangkan persiapan. Persebaya sendiri dijadwalkan melawat ke markas PSS Sleman dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (1/10/2020).

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku