Shin Tae-yong Ungkap Misi Khusus Timnas Indonesia U-19 saat Menghadapi Qatar

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 16 Sep 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 16 Sep 2020, 15:00 WIB
Timnas Indonesia U-19
Pelatih Shin Tae-yong menjadikan laga uji coba melawan Qatar sebagai ajang untuk melihat perkembangan pemain Timnas Indonesia U-19. (dok. PSSI)

Bola.com, Cakovec - Timnas Indonesia U-19 akan menantang Qatar pada laga uji coba pertama yang digelar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/9/2020) malam WIB. Pelatih Shin Tae-yong mengaku punya misi khusus dalam laga tersebut.

Laga melawan Qatar merupakan lanjutan uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan di Kroasia. Sebelumnya, Timnas U-19 meraih hasil kurang memuaskan pada laga International U-19 Friendly Tournament 2020.

Witan Sulaeman dkk takluk dari Bulgaria dan Kroasia, serta ditahan Arab Saudi. Pelatih Shin Tae-yong menjadikan laga melawan Qatar untuk melihat perkembangan para pemain terhadap evaluasi yang sudah dilakukan setelah hasil minor tersebut.

"Saat ini kondisi tim terus meningkat dan menunjukkan perkembangan positif. Kami akan melawan Qatar dua kali dan mereka adalah tim yang kuat dan bagus," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI, Rabu (16/9/2020).

"Ini menjadi laga yang bermanfaat bagi kami. Pada pertandingan nanti, kami juga ingin melihat perkembangan pemain. Melihat bagaimana mereka sanggup menerapkan apa yang sudah kami berikan saat latihan," tegas Shin Tae-yong.

Setelah laga ini, Timnas Indonesia U-19 kembali akan menghadapi Qatar pada 20 September 2020. Setelah itu, Timnas U-19 akan menjajal kekuatan Bosnia & Herzegovina (25/9/2020) serta klub Kroasia, Dinamo Zagreb (28/9/2020).

2 dari 3 halaman

Pembuktian Evaluasi

Timnas Indonesia U-19
Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-19 kebobolan 13 kali dan hanya mencetak empat gol dalam tiga laga International U-19 Friendly Tournament 2020. Rapuhnya lini pertahanan menjadi sorotan utama dari Shin Tae-yong. Selain itu, para pemain dianggap juga sering kehilangan fokus karena menurunnya stamina dalam pertandingan.

"Pertama, untuk lini pertahanan terkadang pemain masih takut dengan lawan atau ketika bola datang. Disamping itu cover play terkadang kurang sempurna karena pemain kehilangan fokus akibat kekurangan stamina sehinga sering kebobolan," kata Shin Tae-yong.

"Kalau stamina dan fisik pemain lebih baik, maka pertahanan juga makin solid dan tidak mudah kebobolan banyak gol," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Jadi, laga melawan Qatar nanti bisa menjadi pembuktian dari evaluasi yang sudah dilakukan Shin Tae-yong terhadap permainan Timnas Indonesia U-19. Menarik untuk melihat perkembangan dari Timnas U-19.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku