Sukses


Persebaya Merespons Keputusan Bhayangkara Berkandang di Sidoarjo pada Shopee Liga 1

Bola.com, Surabaya - Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, bakal sesak dengan digunakan oleh tiga klub untuk markas lanjutan Shopee Liga 1 2020. Setelah Persebaya Surabaya dan Madura United, kini Bhayangkara FC juga akan berkandang di Sidoarjo.

Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi, merespons hal tersebut. Dia tidak mau ambil pusing dengan penggunaan satu stadion untuk tiga klub tersebut.

“Kalau kami, dari awal Persebaya memang sudah jelas sikapnya (berkandang di Stadion Gelora Delta) dan sudah kami komunikasikan ke LIB,” ucap Candra, Rabu (16/11/2020). 

Tiga klub itu memutuskan pindah kandang ke Sidoarjo dengan alasan yang berbeda. Persebaya tidak bisa menggunakan dua stadion di Surabaya, yaitu Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November, karena sedang direnovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Madura United juga batal berkandang di Stadion Gelora Bangkalan dengan alasan serupa. Mereka sempat mengajukan Stadion Gelora Madura, Pamekasan, namun tidak mendapat persetujuan dari operator kompetisi dengan alasan jarak.

Bhayangkara FC pun sebenarnya sudah mendaftarkan Stadion PTIK, Jakarta, yang telah menjadi kandang mereka sejak 2018. Namun, penerapan PSBB di Jakarta membuat klub berjulukan The Guardian itu memilih berkandang di daerah lain.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Risiko Jadwal Bentrok

Sesaknya Stadion Gelora Delta ini bakal sedikit menyulitkan saat jadwal laga kandang di pekan yang sama saat ketiga tim bertanding. Candra menyerahkan sepenuhnya kewenangan itu kepada PT LIB selaku operator kompetisi.

“Itu tugasnya liga bikin jadwal. Kami hanya peserta dan liga (PT LIb) yang mengkoordinasi dengan baik liganya,” tuturnya.

Sebenarnya, Gelora Delta bukan satu-satunya stadion yang digunakan oleh tiga klub sekaligus untuk lanjutan Liga 1 2020. Stadion Sultan Agung, Bantul, juga menjadi kandang tiga klub, yaitu Bali United, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

Stadion Maguwoharjo, Sleman, malah bakal dihuni oleh empat tim. Selain PSS Sleman, terdapat pula Barito Putera, Borneo FC, dan Persiraja Banda Aceh.

Video Populer

Foto Populer