3 Pemain yang Bisa Diandalkan Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia U-19 Menghadapi Qatar

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Sep 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 09:30 WIB
Timnas Indonesia - Witan Sulaeman, Bagas Kaffa, Braif Fatari
Timnas Indonesia - Witan Sulaeman, Bagas Kaffa, Braif Fatari (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Setelah mendapatkan hasil minor dalam turnamen International U-19 Friendly Tournament 2020, Timnas Indonesia U-19 melanjutkan pemusatan latihan di Kroasia dan bakal menjalani sejumlah laga uji coba, yang diawali dengan menghadapi Qatar pada Kamis (17/9/2020) malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, telah melakukan evaluasi dari hasil minor yang didapatkan dalam turnamen persahabatan di Kroasia tersebut. Lini pertahanan dan stamina menjadi sorotan pelatih asal Korea Selatan itu.

Dalam tiga pertandingan yang sudah dijalani, Shin Tae-yong memang tidak mengharapkan kemenangan dalam setiap laganya. Sang pelatih hanya fokus terhadap perkembangan fisik dan permainan yang diterapkan oleh anak-anak asuhnya.

Sejumlah pemain telah memperlihatkan kontribusi yang sangat baik dalam masing-masing pertandingan yang telah dijalani oleh Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Kali ini Bola.com mengulas 3 pemain yang layak untuk menjadi andalan Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia U-19 menjajal kekuatan Qatar.

2 dari 5 halaman

Bagas Kaffa

Bagas Kaffa
Bek Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa, mengaku kecewa dengan kekalahan telak 1-7 yang dialami dari Kroasia. (dok. PSSI)

Sejauh ini, sosok Bagas Kaffa kerap hanya menjadi penghias bangku cadangan Timnas Indonesia U-19 ketika bertanding di International U-19 Friendly Tournament 2020. Namun, perannya begitu penting ketika akhirnya masuk ke lapangan.

Bagas Kaffa tidak membuang kesempatan ketika Shin Tae-yong memasukkannya ke dalam lapangan. Saudara kembar dari Bagus Kahfi itu merupakan pencetak gol satu-satunya Tim Garuda Muda ketika kalah 1-7 dari Kroasia di pertandingan kedua.

Peran penting kembali diperlihatkannya ketika Timnas Indonesia U-19 menahan imbang Arab Saudi pada pertandingan ketiga. Ia memberi assist kepada Saddam Gaffar yang berhasil mencetak gol kedua Tim Garuda Muda dalam laga yang berkesudahan dengan skor imbang 3-3 itu.

3 dari 5 halaman

Witan Sulaeman

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman ketika melawan Bulgaria U-19.
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman ketika melawan Bulgaria U-19. (PSSI).

Berbeda dengan Bagas Kaffa yang menjadi supersub di International U-19 Friendly Tournament 2020, Witan Sulaeman selalu menjadi andalan Shin Tae-yong sejak menit awal pertandingan. Pemain yang kini tercatat membela klub Serbia, Radnik Surdulica, itu selalu menjadi starter dalam tiga pertandingan yang sudah dijalani Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong mempercayakan Witan sebagai motor serangan Tim Garuda Muda. Daya jelajah yang tinggi dan skill individu yang berada di atas rata-rata membuatnya menjadi andalan untuk mengacak-acak pertahanan lawan dan mengalirkan bola ke lini depan.

Dalam turnamen yang baru dijalani Timnas Indonesia U-19 tersebut, Witan tidak tampil mengecewakan, tapi juga tidak luar biasa. Namun, beberapa kali pergerakan eks pemain PSIM Yogyakarta ini mampu merepotkan tim lawan sehingga perannya memang dibutuhkan untuk bisa merangsek masuk dalam pertahanan lawan.

4 dari 5 halaman

Braif Fatari

Timnas Indonesia U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19, Braif Fatari, saat mengikuti internal games di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (13/1). Sebanyak 53 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/Yoppy Renato)

Braif Fatari yang juga merupakan anggota Garuda Select generasi pertama merupakan penyerang yang patut diberikan kepercayaan oleh Shin Tae-yong. Pemain muda yang terdaftar bersama Persija Jakarta itu sudah memperlihatkan buktinya pada laga terakhir International U-19 Friendly Tournamen 2020.

Dalam pertandingan tersebut, Braif Fatari mampu mencetak gol yang menyelamatkan Timnas Indonesia U-19 dari kekalahan. Gol ketiga Tim Garuda Muda dicetaknya dan membuat pertandingan berakhir dengan kedudukan imbang 3-3.

Setelah penampilan bagus dengan bukti sebuah gol itu, Braif Fatari layak untuk dijajal Shin Tae-yong lagi. Bahkan sang pemain siap untuk bermain di berbagai posisi yang dipercayakan oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia