Jelang Bergulirnya Shopee Liga 1, PSSI Tanda Tangani MoU dengan BNPB dan Menpora

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Sep 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 13:00 WIB
Shopee Liga 1 - Logo Klub
Shopee Liga 1 - Logo Klub (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 akan kembali bergulir pada Oktober mendatang. Sebelum kompetisi berlanjut, PSSI menandatangani nota kesepahaman (MoU) Penyelenggaraan Olahraga yang Aman COVID-19.

Acara tersebut dilakukan secara virtual pada Kamis (17/9/2020) pagi WIB. Penandatanganan MoU tersebut juga dilakukan bersama Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Menpora Zainudin Amali, Perbasi, dan IBL.

Rencananya, laga perdana Liga 1 musim ini akan menggelar duel PSS Sleman kontra Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, pada 1 Oktober mendatang.

"PSSI dan PT LIB selaku operator Liga 1 dan Liga 2 akan kembali melanjutkan kompetisi yang tertunda akibat COVID-19. Lanjutan Liga 1 akan berlangsung di Yogyakarta dan mempertemukan antara PSS Sleman dengan Persebaya Surabaya," ujar Ketua PSSI, Muhamad Iriawan.

"Hampir semua negara ASEAN sudah melanjutkan kompetisi sepak bola, tanggal 12 September Malaysia sudah melanjutkan kompetisi, Thailand juga sudah, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Filipina rencananya juga akan bergulir," lanjutnya.

Untuk bisa kembali melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 musim ini, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh pertandingan terpusat di Pulau Jawa, lawatan laga tandang dilakukan via darat, pertandingan berlangsung tanpa penonton, dan wajib melakukan tes swab untuk pihak yang terlibat dalam kompetisi.

"Seluruh klub sudah kami bagikan buku-buku protokol kesehatan, di mana semuanya harus mengikuti arahan dari kepala BNPB, yaitu semua yang ada dalam kegiatan kompetisi harus betul-betul clear, harus betul-betul sudah di swab. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menggelar kompetisi," lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

2 dari 3 halaman

Himbauan Kepala BNPB

Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo menyatakan keberhasilan mendapatkan opini WTP tidak lepas dari dukungan seluruh unsur BNPB dan pendampingan BPK saat penandatanganan laporan hasil pemeriksaan kementerian/Lembaga di Jakarta, Kamis (23/7/2020). (Dok BNPB)

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengingatkan pelaksanaan event olahraga, baik itu Liga 1, Liga 2, ataupun kompetisi IBL berlangsung tanpa penonton. Hal tersebut dilakukan demi keselamatan dan kesehatan bersama.

"Perlu dipastikan untuk seluruh kompetisi sepak bola dan bola basket akan dilaksanakan tanpa penonton. Mohon ini menjadi perhatian para penyelenggara untuk menaati konsesus yang sudah dilakukan," ucap Doni Monardo.

Selain itu, Doni Monardo juga meminta seluruh pemain, ofisial, dan unsur pendukung lainnya harus melakukan tes swab secara berkala. "Harus dipastikan seluruh peserta melakukan pemeriksaan PCR secara rutin, untuk memastikan terbebas dari COVID-19," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia