Sukses


Donny van de Beek Mengenang Pertemanan dengan Ezra Walian, Masih Sering Kontak Setelah 4 Tahun Pisah

Bola.com, Manchester - Bintang baru Manchester United, Donny van de Beek, sempat bermain bareng dengan penyerang PSM Makassar, Ezra Walian. Keduanya sama-sama tumbuh di tim junior Ajax Amsterdam sebelum nasib mengantar keduanya ke dunia yang berbeda.

Pada 2012, Van de Beek bergabung dengan Ajax U-17. Di tahun yang sama, Ezra Walian juga merapat. Keduanya lalu merangkak bareng dari tim Ajax U-17, Ajax U-19 hingga Ajax U-21.

Ketika Van de Beek promosi ke tim senior Ajax pada 2016, Ezra Walian masih berkutat di tim U-21. Musababnya, penyerang berusia 22 tahun tersebut tidak mengalami perkembangan signifikan.

Alhasil, alih-alih mengikuti jejak Van Dee Beek ke tim senior Ajax, kontrak Ezra Walian justru tidak diperpanjang pada 2017. Pemain kelahiran Amsterdam itu terpaksa hengkang ke Almere City.

Dari Almere City, Ezra Walian sempat dipinjamkan ke RKC Waalwijk pada 2018-2019 sebelum hijrah ke PSM Makassar sejak pertengahan tahun lalu.

Berbanding terbalik dengan Ezra Walian, karier Van de Beek moncer di tim senior Ajax. Gelandang berusia 20 tahun ini mampu meningkatkan kualitasnya sehingga dibeli Manchester United pada musim ini.

Empat tahun berpisah, Van de Beek masih mengingat kebersamaannya dengan Ezra Walian di tim junior Ajax. Kala itu, pemain naturalisasi Indonesia ini disebutnya sebagai predator muda yang menjanjikan.

"Saya saat itu bermain dengan dia di Ajax. Dia mencetak banyak gol dan dia pria yang sangat baik," ujar Van de Beek dalam program Adam Talks milik Stadium Astro di YouTube.

"Dia bermain di sana, Indonesia, Asia Tenggara juga saat ini. Saya masih menjalin kontak dengan dia terkadang. Dia merupakan pemain yang selalu fokus untuk mencetak gol, saya pikir itu adalah kekuatan utama dari dia," imbuh Van de Beek.

Video

2 dari 2 halaman

Pengalaman Van de Beek di Singapura

Selain itu, Van de Beek juga mengenang permainannya di Lion City Cup beberapa tahun lalu bersama Ajax U-16. Di sana, pemain kelahiran Nijkerkerveen ini berhadapan dengan Singapura U-16, FC Porto U-16 hingga Manchester City U-16.

"Ya, di Singapura saat itu. Kami pergi ke sana, mengikuti turnamen di sana. Sangat menyenangkan bersama Ajax di sana, saya rasa selama tiga pekan di sana. Saya mencetak gol melawan Porto. Menyenangkan rasanya, tapi sangat panas," tutur Van de Beek.

Ketika Van de Beek segera menjalani debutnya bersama Manchester United di Premier League, nasib Ezra Walian justru tidak menentu bersama PSM Makassar. Pasalnya, tim kebanggaan masyarakat Sulsel itu tidak kunjung memulai persiapan untuk melanjutkan kompetisi.

Video Populer

Foto Populer