Persebaya Siapkan Eksekutor Bola Mati Menjelang Shopee Liga 1

Oleh Aditya Wany pada 20 Sep 2020, 05:45 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 17:08 WIB
Latihan Persebaya Surabaya
Pemain baru Persebaya Surabaya, Mahmoud Eid, mengontrol bola saat latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School, Sleman, Kamis (23/1). Latihan ini persiapan jelang Liga 1 Indonesia 2020. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya masih terus mematangkan persiapan menuju lanjutan Shopee Liga 1 2020. Tim berjulukan Bajul Ijo itu mengasah kemampuan mengeksekusi bola mati saat latihan pada Sabtu (19/9/2020) sore.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, meminta seluruh anak asuhnya untuk memaksimalkan kemampuan tendangan bebas, tendangan sudut, hingga eksekusi penalti. Ini merupakan bagian dari taktik yang bakal mereka gunakan selama kompetisi ini. 

“Latihan hari ini kami mematangkan set piece, mulai dari free kick, corner kick, sampai penalti. Ini untuk seluruh pemain. Karena itu bagian taktik yang kami gunakan dalam kompetisi nanti,” ungkap Aji setelah latihan. 

Setiap jenis eksekutor bola mati memiliki kriteria masing-masing. Seperti tendangan bebas misalnya, yang membutuhkan akurasi dan tenaga dalam melepas tembakan. Lalu, kemampuan sepak pojok dibutuhkan pemain yang andal dalam mengirim umpan lambung.

Meski demikian, Aji menilai set piece tetap perlu diasah berulang kali agar para pemain semakin terbiasa melakoninya. Ini merupakan upayanya agar  pemain Persebaya langsung nyetel saat pertandingan nanti.

“Ini tentu tidak bisa dilakukan sekali dua kali, tapi harus berulang-ulang supaya terjadi otomatisasi dalam pertandingan,” ucap pelatih asli Malang tersebut. 

 

2 dari 3 halaman

Pemain Andalan

Makan Konate dan David da Silva (Persebaya Surabaya)
Makan Konate dan David da Silva dalam sesi latihan Persebaya. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Aji mengaku sudah mengantongi beberapa nama yang disiapkannya untuk tugas sebagai eksekutor bola mati. Hanya, dia masih enggan mengungkapnya karena para pemain juga masih terus perlu menambah latihan itu. 

“Kami sudah punya siapa saja yang mengeksekusi bola mati. Ada cara bagaimana saat menyerang, lalu juga defending corner kick. Semua sudah kami ajarkan. Tapi, itu tadi, ini perlu dilatih berulang-ulang,” tutur pelatih berlisensi AFC Pro itu. 

Jika melihat kualitas pemain Persebaya, terdapat beberapa pemain yang diprediksi menjadi andalan untuk tendangan bebas. Dua di antaranya adalah penyerang Mahmoud Eid dan gelandang Makan Konate. Keduanya memilih kemampuan melepas tembakan dari luar kotak penalti.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓