Sukses


Shopee Liga 1: RD Bicara Kemiripan Madura United dengan Tira Persikabo

Bola.com, Bangkalan - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, angkat bicara dengan komposisi skuadnya untuk lanjutan Shopee Liga 1 2020. Tim berjulukan Laskar Sape Kerap itu dipastikan ditinggal tiga pemain depan, yaitu Emmanuel Oti, Beto Goncalves, dan Greg Nwokolo.

Rahmad Darmawan kini tengah fokus dengan upaya membuat skuad Madura United bisa bersaing di kompetisi kasta teratas nanti. Tanpa ketiga pemain itu, mereka sebenarnya masih memiliki sejumlah pemain berkualitas macam Fachruddin Aryanto, Asep Berlian, hingga Slamet Nurcahyo.

Pria yang akrab disapa RD itu berusaha belajar dari pengalamannya saat menangani Tira Persikabo musim lalu. Sempat tampil ciamik pada awal-awal, tim berjulukan Laskar Pajajaran itu malah terseok-seok.

"Ada kemiripan masalah antara Madura United dan Tira Persikabo (musim lalu). Sama-sama tidak stabil, dan kurang antisipasi. Ada kasus yang tidak direncanakan, misalnya pemain cedera. Kami membahas kemungkinan itu di Madura United," ucap RD.

Tira Persikabo sempat tampil fenomenal dengan tak terkalahkan dalam 13 pekan laga-laga awal secara beruntun dan kukuh di puncak klasemen Liga 1 2019. Penampilan apik Ciro Alves dkk. membuat mereka menjadi kandidat kuat juara.

Namun, memasuki pekan ke-14, mereka menelan kekalahan perdana dengan skor 1-2 dari Bali United di kandang sendiri pada 15 Agustus 2019. Setelah itu, penampilan Tira Persikabo semakin tidak stabil.

RD berpendapat ada banyak kendala yang dihadapinya. Satu di antaranya adalah antisipasi absennya pemain. Badai cedera serta akumulasi kartu yang membuatnya kesulitan menunjukkan penampilan konsisten.

Pelatih berusia 53 tahun itu lantas dipecat pada pekan ke-29, tepatnya 29 November 2019, saat Tira Persikabo berada di peringkat ke-12 klasemen sementara. Pada akhirnya, Tira Persikabo finis di papan bawah, yaitu peringkat ke-15, hanya satu strip di atas zona degradasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Melakukan Rotasi Pemain

Rahmad Darmawan bakal menghadapi masalah serupa pada musim 2020. Dia harus menyiasati jadwal pertandingan padat selama kompetisi nanti.

Rotasi pemain menjadi satu di antara opsi agar membuat kondisi fisik tetap bugar dengan laga dimainkan setiap tiga sampai lima hari sekali.

"Secara keseluruhan, gap seharusnya tidak terlalu jauh antara tim pertama dan tim kedua. Saya ingin terus mengasah kemampuan mereka untuk bisa berada di level yang tidak terlalu jauh, atau bahkan mungkin sama. Sehingga, kami punya banyak opsi saat menurunkan pemain," ucapnya.

Madura United mengawali lanjutan Liga 1 2020 dengan menjamu Persib Bandung. Duel pekan keempat itu bakal digelar di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Minggu (4/10/2020).

Video Populer

Foto Populer