Sukses


FIFA Kabulkan Permintaan PSSI, Bursa Transfer Shopee Liga 1 Dibuka 21 September-18 Oktober 2020

Bola.com, Jakarta - Permintaan PSSI untuk menambah periode pendaftaran pemain Shopee Liga 1 2020 dikabulkan oleh FIFA. Mulai hari ini Senin (21/9/2020) hingga 18 Oktober 2020, para peserta dipersilakan untuk bertransaksi di lantai bursa.

Periode bursa transfer ketiga untuk Shopee Liga 1 telah tertera di laman FIFA yang tercantum dalam Transfer Matching System (TMS).

TMS adalah sistem online buatan FIFA untuk mendata perpindahan pemain dari klub kepada klub di bawah asosiasi yang sama dan antarfederasi.

Bursa transfer kali ini akan menjadi yang ketiga untuk Shopee Liga 1. Semula, kompetisi dijatahi dua bursa transfer. Periode pendaftaran pertama berlaku sebelum Shopee Liga 1 dimulai pada 1 Januari-21 Maret 2020.

Semestinya, bursa transfer paruh musim Shopee Liga 1 berlangsung pada 20 Juli-19 Agustus 2020. Namun, periode pendaftaran pemain tersebut tidak terpakai karena kompetisi sedang vakum sejak Maret 2020 akibat pandemi COVID-19.

"Karena penetapan bencana nonalam COVID-19 sebagai bencana nasional yang tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 12 tahun 2020 berdampak pada tertundanga kompetisi 2020, oleh karena itu, PSSI telah memohon perubahan TMS periode kedua 2020 kepada FIFA Players, Status, Legal, dan Compliance Division karena TMS periode kedua yang telah didaftarkan oleh PSSI tidak digunakan," tulis surat dari PSSI kepada klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 yang ditandatangani Yunus Nusi selaku pelaksana tugas (plt) sekretaris jenderal (sekjen).

Video

2 dari 2 halaman

Sistemnya Masih Belum Jelas

Dalam suratnya, PSSI tidak menjelaskan mengenai sistem bursa transfer tambahan kali ini. Pada rencana sebelumnya, transkasi pemain antarklub Shopee Liga 1 tidak diperbolehkan.

Jadi, para peserta hanya bisa mendaftarkan pemain baru dari luar negeri, Liga 2, dan pemain yang tidak bermain di Shopee Liga 1 musim ini.

"Berdasarkan sirkular FIFA yang PSSI terima perihal perubahan registrasi TMS periode kedua pada 16 September 2020, PSSI menyampaikan bahwa permohonan perubahan regustrasi pemain periode kedua 2020 telah dikabulkan yaitu pada 21 September-18 Oktober 2020," bunyi surat tersebut.

"Namun, perlu diketahui, bahwa karena alasan teknis, perubahan periode registrasi tersebut tidak dapat dicantumkan dalam TMS FIFA karena akan melebihi jumlah periode pendaftaran sesuai dengan FIFA Regulasi Status dan Transfer Pemain," lanjut isi surat tersebut.

Bola.com sempat menanyakan mengenai mekanisme bursa transfer periode ketiga kepada Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Namun, yang bersangkutan meminta pertanyaan ini diserahkan kepada Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Namun, Sudjarno tidak merespons ketika dimintai keterangannya. Begitu pula Yunus Nusi, yang tidak menjawab pertanyaan dari Bola.com ketika disinggung mengenai aturan yang tercantum pada periode pendaftaran pemain ketiga di Shopee Liga 1 ini.

Video Populer

Foto Populer