Resmi, Piala AFF 2020 Digelar pada 11 April-8 Mei 2021

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 25 Sep 2020, 18:06 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 18:07 WIB
Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, merayakan kemenangan atas Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah merilis jadwal baru untuk Piala AFF 2020. Turnamen paling bergengsi antarngeara ASEAN tersebut akan digelar pada 11 April-8 Mei 2020.

Keputusan ini dibuat AFF untuk tetap menganut format kandang dan tandang di Piala AFF, dengan syarat negara peserta memungkinkan menggelar pertandingan di tengah pandemi COVID-19. Sebelum ditetapkan, pemilihan jadwal ini telah dikoordinasikan dengan pihak terkait.

Komite Satuan Tugas Piala AFF menganggap jadwal baru ini paling ideal untuk mengakomodasi kegiatan lain seperti kompetisi domestik dan berjanji akan memantau situasi terkini dengan cermat untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan dari semua pemain, pelatih, mitra, penggemar, dan publik.

"AFF juga berharap pengumuman jadwal baru Piala AFF akan memberikan kejelasan dalam perancaan untuk mitra komersial kami, termasuk sponsort, pemegang hak siar saat kondisi ketidakpastian saat ini," kata Presiden AFF, Khiev Sameth, dinukil dari laman ASEAN Football, Jumat (25/9/2020).

"AFF dan asosiasi anggota kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar, pemain, pelatih, ofisial, media, dan mitra lainnya atas dukungan dan komitmen mereka atas dukungan dan komitmen mereka yang tak tergoyahkan di tengah masa-masa sulit seperti ini dan menantikan Piala AFF yang akan menyatukan seluruh Asea ketika kami bisa berkumpul lagi," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Jadwal Awal

AFF Logo
AFF Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Semula, Piala AFF 2020 direncanakan bergulir pada November-Desember tahun ini. Namun, karena pandemi COVID-19 belum membaik di sejumlah wilayah ASEAN, turnamen tersebut ditunda pada 30 Juli 2020.

"AFF akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi anggota dan mitra untuk memberikan pembaruan lebih lanjut tentang turnamen 2021 segera mungkin," tulis laman ASEAN Football.

Piala AFF terakhir digelar pada 2018. Vietnam berhasil menggondol gelar juara, dengan Timnas Indonesia gugur di babak penyisihan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Ketum PSSI Apresiasi Piala Menpora dan Berharap Liga 1 Bergulir Juli Tahun Ini